Pengalaman Magang di Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Selasa, 01 November 2016
Di baca 72 kali

 

Pengalaman Magang di Kemensetneg

   
Senin, 18 April 2016

Perkenalkan, nama saya Rahma Rana Adita, biasa dipanggil Dita. Saya adalah mahasiswi semester 7 di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta.  Pertama-tama saya ingin mengucap syukur yang luar biasa, karena atas berkah-Nya, saya telah diberikan kesempatan yang sangat berharga untuk  dapat mengikuti program internship/magang di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg RI) di bagian Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Asdep Humas). Alhamdulillah, saat saya mendapat panggilan dari pihak Kemensetneg, saya sangat senang dan bersyukur karena telah berhasil menyisihkan puluhan kandidat lain. Selain memang program magang adalah kewajiban untuk memenuhi SKS Mata Kuliah Internship saya, kesempatan ini sangatlah berguna untuk dapat memberikan pengalaman bagi saya di dunia kerja nyata, membangun networking, dan tentunya juga untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas kinerja saya dalam bekerja.

Masa periode magang saya adalah 3 bulan, terhitung dari 1 November 2015 s.d 31 Januari 2016.  Di Asdep Humas, saya ditempatkan di Bidang Diseminasi Informasi. Bidang Diseminasi Informasi terdiri dari  3 orang pejabat struktural, yaitu Sri Prastiwi Utami (Mba Tiwi) sebagai Kepala Bidang Diseminasi Informasi, Akhmad Firmannamal (Mas Firman) sebagai Kepala Subbidang Pengelolaan Media Publikasi Kehumasan dan R. Efa Febryana (Mba Efa) sebagai Kepala Subbidang Pengelolaan Website dan Media Sosial, dan 1 staf, Pak Misbah.

Hari pertama magang, saya datang ke Gedung Kemensetneg dengan perasaan nervous bercampur excited, karena ini adalah pengalaman magang saya untuk yang pertama kalinya. Sesampainya di Kemensetneg, saya dan 2 teman magang saya yang lainnya, yaitu Hanna (DKV - Universitas Trisakti) dan Anthi (PR - UNISMA) langsung disambut baik dan ramah oleh para pegawai Asdep Humas. Kemudian kami diberi briefing Rahasia Kedinasan, penjelasan tentang tugas dan fungsi Asdep Humas Kemensetneg, dan perkenalan dengan pegawai-pegawai di lingkungan Asdep Humas yang berada di Gedung Sayap Timur Lt. 2 Kemensetneg. Perasaan grogi saya yang tadinya berkecamuk, akhirnya perlahan sirna karena lingkungan Kemensetneg yang sangat bersahaja.

Dalam masa magang ini, saya berada di bawah Subbidang Pengelolaan Website dan Media Sosial. Tugas saya di sini adalah membantu menyusun strategi diseminasi informasi melalui website dan media sosial, membuat artikel, mengumpulkan berbagai data untuk artikel yang akan di-post di website, facebook, dan twitter, membuat laporan mingguan dan segala hal yang berhubungan dengan pengelolaan website dan media sosial. Tidak hanya itu, pengalaman saya di Kemensetneg semakin berwarna karena saya banyak diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan Kehumasan Pemerintah, seperti mengikuti berbagai seminar dan workshop mengenai kehumasan, workshop fotografi oleh Darwis Triadi, dan berbagai Focus Group Discussion (FGD) mengenai kehumasan yang salah satunya dipimpin langsung oleh Menteri Sekretaris Negara, Bapak Pratikno. Dalam kegiatan FGD yang langsung dipimpin oleh Pak Menteri tersebut, saya berkesempatan untuk berfoto bersama dengan Pak Menteri, sungguh momen yang tidak terlupakan bagi saya.

Merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya, dapat mengikuti program magang di Kemensetneg RI ini. Di sini, saya dapat meningkatkan kemampuan diri saya di dalam dunia kerja yang nyata. Program dan kegiatan yang diberikan sangat sesuai dengan program studi saya yaitu Public Relations.

Tentunya, tidak lupa, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kemensetneg RI, Bapak Masrokhan selaku Asdep Humas, dan para pegawai Asdep Humas yang sangat membantu sehingga saya dapat melaksanakan program magang di Kemensetneg RI dan mempelajari banyak hal yang bermanfaat. Terima kasih atas kesabaran dalam membimbing saya, atas ilmu yang sangat bermanfaat, dan atas pengalaman yang diberikan yang tidak ternilai harganya. Beliau-beliau adalah orang-orang hebat yang sangat supportive dan saya merasa beruntung dapat bertemu beliau-beliau walaupun hanya dalam waktu  3 bulan. Thank you very much for taking a chance on me and teaching me that there’s always a scope for improvement. I consider myself really lucky to have an opportunity to work with all of you. Wish you all the best! (Rahma Rana Adita-Mahasiswa LSPR)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0