SMKN 1 Bantul Studi Banding ke Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Rabu, 08 November 2017
Di baca 69 kali

 

SMKN 1 Bantul mengadakan kunjungan studi banding ke Kementrian Sekretariat Negara (Kemensetneg) pada Rabu (08/11), di gedung 3 kantor Kemensetneg. Ada sekitar 70 orang terdiri 64 siswa dan 6 guru yang hadir mewakili sekolah tersebut. Menurut kepala sekolah SMKN 1 Bantul Haris, mengatakan kunjungan ini sebagai salah satu pembelajaran siswa di luar kelas. Sebagai siswa jurusan perkantoran, para siswa harus mengerti bagaimana cara administrasi perkantoran, terutama di pemerintahan.

“selain silaturahmi, ini juga sebagai pembelajaran bagi siswa. Apalagi kami di jurusan perkantoran, rasanya pas datang ke sini,” ujar Haris ketika memberi sambutan.

Bukan itu saja, ia juga menyampaikan bahwa SMKN 1 Bantul juga merupakan salah satu sekolah yang terkenal dan favorit di Bantul. Bahkan lulusannya ada yang bekerja di Istana Kepresidenan di Yogyakarta. Ia pun berharap ada lagi lulusan lainnya yang mampu bekerja di pemerintahan.

Turut pula Hadir dalam acara ini Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Humas) Kemensetneg Masrokhan, Kepala Biro Tata Usaha Sari Harjanti, Kepala Sub Bidang Komunikasi Publik Doni Akbar.

Masrokhan mengatakan Kemensetneg merupakan salah satu kementrian bekerja seperti “traffic control”. Banyak pekerjaan presiden yang harus melalui kemensetneg terlebih dahulu. Karena itu akan memudahkan presiden dalam mengambil keputusan.

Sedangkan menurut Sari Harjanti, semua pekerjaan di Kemensetneg sudah mulai dikerjakan dengan sistem digital. Pengarsipan dokumen penting dikerjakan dengan sistem online. Hal ini juga berfungsi agar semua arsip dapat tersusun rapih.

“Untuk memudahkan pekerjaan presiden, dibutuhkan sistem yang bisa terintegrasi satu sama lain,” lanjut Sari.

Sistem ini, tambahnya, pekerjaan yang berkaitan dengan arsip bisa selesai dalam waktu singkat dan mudah dilaksanakan. Contohnya Sistem Persuratan Disposisi Elektronik (SDPE). Dengan sistem SPDE masyarakat bisa mengirim keluhan ke pemerintah dengan pesan online. Kemudian, pesan tersebut disimpan rapih di server dan dikirimkan langsung ke instansi terkait.

Di akhir acara, SMKN 1 Bantul dan Kemensetneg saling bertukar cindera mata. Ada pula pemberian hadiah bagi dua pemenang lomba foto instagram untuk siswa yang hadir dalam kunjungan tersebut. (NCH-Humas Kemensetneg)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0