Apresiasi Tenaga Kesehatan, Pemerintah Luncurkan Prangko Penanggulangan Covid-19

 
bagikan berita ke :

Rabu, 19 Agustus 2020
Di baca 428 kali


Jakarta, wapresri.go.id – Sejarah panjang penggunaan prangko membuktikan bahwa prangko tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran pengiriman pos, tetapi juga menjadi media visualisasi peristiwa bersejarah suatu bangsa, termasuk peristiwa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang terjadi saat ini. Untuk itu, sebagai wujud apresiasi tenaga kesehatan, pemerintah meluncurkan Prangko Penanggulangan Covid-19.



“Seri prangko yang diterbitkan adalah salah satu wujud apresiasi pemerintah kepada para dokter, perawat, tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan di bidang kesehatan. Menunjukkan semangat dan integritas yang tinggi untuk membantu sesama dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ungkap Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin pada Peluncuran Prangko Seri Presiden dan Wakil Presiden RI, Prangko 75 Tahun Indonesia Merdeka, Prangko Penanggulangan Covid-19 dan Prangko Artis Group Musik Ternama melalui video conference di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta, Rabu (19/08/2020).



Dalam acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika tersebut, selain Prangko Penanggulangan Covid-19, diluncurkan pula Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI, Prangko 75 Tahun Indonesia Merdeka dan Prangko Artis Group Musik Ternama.



Wapres pun menyatakan, peluncuran empat seri prangko secara bersamaan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.



Terkait upaya menghadapi pandemi Covid-19, Wapres menilai, sebagai bangsa yang besar, bangsa Indonesia harus terus maju, produktif dan berkarya, serta berinovasi di semua bidang khususnya bidang seni dan budaya.



“Perkembangan teknologi dan informasi yang ditandai dengan perkembangan komunikasi dan internet menjadi suatu keharusan kita untuk mampu beradaptasi dan berkembang,” tuturnya.



Untuk itu, Wapres mengatakan, peluncuran Prangko Artis Group Musik Ternama merupakan bentuk apresiasi yang tinggi kepada pelaku ekonomi kreatif, para seniman dan artis Indonesia yang telah menghasilkan karya dan menjadi bagian penting dari kreativitas di negeri ini.



“Semoga para seniman dan musisi tetap berkarya dan berkreasi mengobarkan semangat perjuangan termasuk dalam menginspirasi bangsa Indonesia khususnya dalam melawan Covid-19,” ucap Wapres. Mengakhiri sambutan, Wapres mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini, sekaligus secara resmi meluncurkan empat seri prangko ini.



“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya meresmikan peluncuran Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI, Prangko 75 Tahun Indonesia Merdeka, Prangko Penanggulangan Covid-19, dan Prangko Artis Group Musik Ternama,” pungkas Wapres.



Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G. Plate memberikan penjelasan terkait peluncuran 4 seri prangko. Pertama, Prangko 75 tahun Indonesia Merdeka untuk menandai Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, yang tidak hanya memiliki nilai intrinsik dan nilai nominal, tetapi juga nilai memorabilia yang menjadi kenangan panjang kehidupan berbangsa dan bernegara.



Kedua, Johnny menambahkan, Prangko Penanggulangan Covid-19, menjadi kenangan perjuangan bangsa dan negara melawan pandemi Covid-19, serta mengenang jasa pahlawan kesehatan yang juga mempertaruhkan jiwa dan raga untuk memerangi pandemi Covid-19.



“Penerbitan dan peluncuran Prangko seri Penanggulangan Covid-19 untuk memberikan apresiasi juga kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang telah berjuang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat. Mereka masih terus berjuang dalam penanggulangan pandemi Covid 19 yang merupakan tanggung jawab bersama. Sebagai bangsa, kita patut mengungkapkan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan semua pihak yang terlibat,” ujar Johnny.



Ketiga, lanjutnya, Prangko seri Presiden dan Wakil Presiden RI. Di Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden selalu diabadikan ketokohannya dalam bentuk prangko khusus sebagai penghormatan kepada Kepala Negara.



“Penerbitan prangko seri Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak Kyai Haji Ma’ruf Amin adalah bentuk penghormatan kita kepada beliau berdua sebagai Kepala Negara, dan Kepala Negara yang telah dipilih oleh rakyat Indonesia, tentu melalui satu proses sirkulasi demokrasi yang luar biasa hebatnya,” terangnya.



Terakhir, Johnny menjelaskan, Prangko Artis Grup Musik Ternama bertujuan memberikan apresiasi kepada para artis dan grup musik ternama yang telah berjasa dalam mengembangkan seni musik Indonesia, mendorong kemajuan dunia seni musik serta mensosialisasikan nilai-nilai budaya luhur dan perjuangan di tanah air melalui lagu dan karyanya.



Turut hadir dalam acara ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo dan perwakilan artis Indonesia Titiek Puspa. (OYP/AF/SK-KIP, Setwapres)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0