Bertemu Wakil Presiden Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis, Wapres Ajak Perkuat Kerja Sama Bilateral

 
bagikan berita ke :

Rabu, 22 November 2023
Di baca 251 kali

Saat bertemu dengan Wakil Ketua 1 Parlemen Yunani, Ioannis Plakiotakis, di Hellenic Parliament, Parliament Mansion (Megaro Voulis), GR-10021, Athena, Yunani, Rabu (22/11/2023), Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengajak pemerintah Yunani untuk memperkuat kerja sama antarkedua negara.

 

“Tadi dalam kunjungan ke Yunani, diterima oleh Parlemen Yunani, dan kami menyampaikan petingnya hubungan parlemen kedua negara terus ditingkatkan, diperkuat lagi,” ungkap Wapres dalam keterangannya kepada awak media, di Hotel Grande Bretagne Athena, Yunani, Rabu (22/11/2023).

 

Lebih lanjut, Wapres juga menyampaikan turut mengajak peningkatan kerja sama di bidang ekonomi. Pada kesempatan ini, Wapres menyampaikan nilai investasi yang meningkat di tahun 2023 hingga mencapai 10 kali lipat. Namun, volume perdagangan turun hingga 20% dibandingkan tahun lalu.

 

“Hubungan kerja sama bidang ekonomi, bidang perdagangan, kemudian investasi juga diperkuat. Karena, investasi ada peningkatan, tapi perdagangan memang ada penurunan, jadi kita terus ingin meningkatkan lagi hubungan (kerja sama),” jelas Wapres.

 

“Kerja sama akan kita perkuat lagi ke depan,” imbuhnya.

 

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Yunani, Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan menambahkan bahwa pada pertemuan tersebut Wapres juga mengajak pemerintah dan masyarakat Yunani untuk meningkatkan toleransi dalam keberagaman antarumat beragama.

 

“Tadi ada hal yang cukup menarik yang disampaikan Pak Wapres terkait ajakan Indonesia dengan Yunani untuk meningkatkan toleransi beragama, ini merupakan salah satu falsafah utama kita,” ungkapnya.

 

Sebagai informasi, hubungan diplomatik antara Indonesia-Yunani secara de facto dimulai sejak 27 Desember 1949, saat Yunani memberi pengakuan kedaulatan kepada Indonesia. Hubungan kerja sama kedua negara selama ini berlangsung dengan baik dan dinamis. Yunani mendukung integritas wilayah, proses demokratisasi dan reformasi di Indonesia.

 

Parlemen Yunani adalah badan legislatif Yunani yang berpusat di Istana Kerajaan Lama, Athena. Parlemen Yunani merupakan lembaga demokrasi tertinggi yang mewakili warga negara Yunani melalui anggota parlemen yang terpilih melalui pemilihan umum.

 

Turut mendampingi Wapres saat memberikan keterangan persnya Duta Besar RI untuk Yunani, Bebeb A.K. Nugraha Djundjunan dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi. (DAS/RN – BPMI Setwapres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0