Di Kota Sorong, Ibu Wury Ma'ruf Amin Resmikan Kantor Dekranasda Papua Barat Daya

 
bagikan berita ke :

Kamis, 12 Oktober 2023
Di baca 374 kali

Sorong, www.ibuwma.wapresri.go.id--Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin pagi ini, Rabu (11/10/2023) meresmikan Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Papua Barat Daya, yang berlokasi di Jl. Basuki Rahmat KM 95, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Didampingi Pj. Ketua Dekranasda Papua Barat Dayat Ibu Andar Aryani Musa'ad dan Ketua Harian Dekranas Ibu Tito Karnavian, Ibh Wury memberikan pernyataan sambil menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Kantor Dekranasda Papua Barat Daya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya. Semoga dengan diresmikannya kantor ini bisa membawa kemajuan bagi perajin dan kerajinan di Papua Barat Daya,” ucap Ibu Wury Ma’ruf Amin.

Sebelum prosesi peresmian, Ibu Andar Aryani melaporkan bahwa kepengurusan Dekranasda Papua Barat Daya disahkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum Dekranas pada tanggal 5 April 2023.

“Setelah disahkan, kami mengikuti beberapa kegiatan Dekranas, di antaranya HUT Dekranas ke-43 di Kota Medan, sekaligus mengikuti Pameran Produk Wastra dan Kerajinan pada tanggal 10-14 Mei 2023,” ujarnya.

Ibu Andar menambahkan, dirinya dan Dekranasda Papua Barat Daya juga telah mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Centre September lalu.

Dalam kesempatan ini, Ibu Andar menyampaikan apresiasi kepada Ibu Wury, karena di tengah padatnya kegiatan, Ibu Wury masih menyempatkan meresmikan Kantor Dekranasda Papua Barat Daya.

“Tentunya kunjungan kerja ini sangat memotivasi kami sebagai Pengurus yang baru untuk lebih maju lagi ke depan dalam membina para perajin yang ada di Provinsi Papua Barat Daya ini,” tutur Ibu Andar.

Usai meresmikan Kantor Dekranasda, Ibu Wury dengan didampingi ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan peninjauan di Kantor tersebut. Ibu Wury juga sempat berbincang dengan salah satu perajin tenun yang sedang menenun kain bermotif Boirim, ciri khas Papua Barat Daya.

“Nama saya Mince Humbles, saya dari Kabupaten Maybrat. Saya sudah menenun dan melestarikan kebudayaan ini selama 34 tahun. Saya berterima kasih banyak Ibu Wakil Presiden sudah ke sini,” ucapnya.

Ibu Wury mengapresiasi perajin tenun tersebut yang turut melestarikan salah satu kebudayaan yang berasal dari Papua Barat Daya.

“Mudah-mudahan dengan adanya Kantor Dekranasda ini kegiatan Ibu bisa dimudahkan. Produk-produk Provinsi Papua Barat Daya bisa terangkat,” ujar Ibu Wury.


Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Wakil Presiden

 

Sebagai informasi, Kantor Dekranasda Papua Barat Daya yang baru diresmikan ini merupakan alih fungsi bangunan. Didirikannya Kantor Dekranasda ini bertujuan untuk mempromosikan hasil-hasil kerajinan para pelaku UMKM yang ada di Kota Sorong dan 5 kabupaten, yaitu Sorong, Sorong Selatan, Tambrau, Maybrat dan Raja Ampat. Produk-produk yang didisplay dalam kantor tersebut adalah produk kriya seperti tas anyaman, penutup kepala, tas rajut, noken, kain tenun, pelepah pahat dan mahkota pelepah pisang. Selain itu, terdapat juga produk kuliner, seperti abon cakalang, kopi senang bubuk, keripik keladi, dan wedang jahe.

Adapun Pengurus OASE KIM yang hadir dalam acara tersebut adalah Ibu Ida Pratikno, Ibu Sri Suparni Bahlil, Ibu Liza Thohir, Ibu Vero Yudho Margono, Ibu Ida Budi G Sadikin, Ibu Nanny Hadi Thahjanto, Ibu Juliati Sigit, Ibu Suzana Teten Masduki, dan Ibu Ernawati Trenggono. (SK-BPMI, Setwapres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0