Diseminasikan Informasi HUT Ke-75 RI, Kemensetneg Berpartisipasi dalam Dialog Interaktif di RRI

 
bagikan berita ke :

Senin, 10 Agustus 2020
Di baca 1905 kali

Bertempat di Kantor LPP RRI, Jakarta, Senin (10/8), Asisten Deputi Hubungan Masyarakat, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Eddy Cahyono Sugiarto berpartisipasi menjadi pembicara dalam Rubrik Keterbukaan Informasi Publik (KIP) “Sebaiknya Anda Tahu” bersama dengan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Prof. Widodo Muktiyo.

Dialog interaktif yang membahas tema “Indonesia Maju, Memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia”, bertujuan mendiseminasikan informasi kebijakan kepada masyarakat, khususnya mengenai pelaksanaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara secara virtual, lomba-lomba yang diadakan secara virtual oleh kementerian/lembaga, serta rangkaian kegiatan lainnya untuk menyemarakkan peringatan HUT RI.

Acara dialog digelar sebagai upaya pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mewajibkan setiap badan publik memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat, yang dalam hal ini berkaitan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia.


Sebagai dukungan peringatan HUT Ke-75 RI, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Prof. Widodo Muktiyo mengharapkan semua pemangku kepentingan mengambil peluang di tengah pandemi yang sedang melanda bangsa ini, dengan energi pantulan sebagai senjata untuk keluar dari pandemi, memanfaatkan transformasi digital.

“Jadi, dalam situasi sulit sekarang ini kita perlu menunjukkan kepedulian kepada masyarakat, melalui bangga akan buatan Indonesia  yang  sudah dicanangkan Bapak Presiden, sebagai penekanan penting penguatan struktur ekonomi kerakyatan, UMKM menjadi tonggak, peringatan HUT Ke-75 kali ini menjadi momentum dan rangkaiannya akan terus-menerus dilakukan dengan strategi komunikasi yang tepat serta  mempercepat transformasi digital di era virtual atau digitalisasi masyarakat ke depan”, ujar  Prof Widodo Muktiyo.

Asdep Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto menyampaikan bahwa sebagai informasi yang terbuka, setiap hal yang berkaitan dengan HUT ke-75 Republik Indonesia wajib didiseminasikan seluas-luasnya dan sejelas-jelasnya kepada masyarakat, antara lain tema besar, pelaksanaan, maupun ajakan untuk melakukan Sikap Sempurna selama 3 menit pada saat Detik-detik Peringatan Proklamasi Kemerdekaan dengan tidak lupa penerapan protokol kesehatan covid-19 secara ketat.

“Untuk peringatan kali ini, tema yang diusung yaitu “Indonesia Maju” yang merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Simbolisasinya adalah bagaimana kita mampu memperkokoh kedaulatan bangsa, persatuan dan kesatuan. Tema besar ini sejatinya juga merupakan modal bangsa yang telah dirintis oleh founding fathers kita, sehingga perlu dikristalisasi dalam kehidupan nyata dengan berkreasi, beraktivitas guna bersinergi memberikan sumbangsih nyata bagi Kebangkitan Indonesia Maju,” ucap Eddy.

Selanjutnya Eddy menjelaskan bahwa HUT ke-75 RI yang diadakan di tengah pandemi covid-19 akan membuat setiap detil acara menjadi berbeda karena didominasi oleh kegiatan virtual,  dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Namun demikian, HUT ke-75 RI kali ini tidak akan menyurutkan semangat dan kesemarakan serta kemeriahan dengan beragam aktivitas virtualnya, justru diharapkan dapat menjadi momentum golden opportunity bagi Bangsa Indonesia untuk sama-sama bangkit untuk Indonesia maju seperti halnya Tema Besar HUT ke-75 RI kali ini.


Sebagaimana kita ketahui, Menteri Sekretaris Negara melalui Surat Edaran Nomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 telah menyampaikan agar setiap warga negara Indonesia memasang umbul-umbul dalam rangka menyemarakkan HUT ke-75 RI terhitung mulai 1 Juli s.d. 31 Agustus 2020, memasang Bendera Merah Putih di antara umbul-umbul terhitung 1 Agustus s.d. 31 Agustus 2020, serta memanfaatkan secara maksimal logo dan desain turunan HUT ke-75 RI ke dalam berbagai media.

Bersamaan dengan Surat Edaran tersebut, Menteri Sekretaris Negara juga telah menerbitkan Surat Edaran Nomor B-492/M.Sesneg/TU.00.04/07/2020 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 yang menginformasikan tata laksana upacara HUT ke-75 RI di tingkat pusat hingga di tingkat daerah serta ajakan bagi seluruh rakyat Indonesia untuk melakukan Sikap Sempurna pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17. Setiap detil pelaksanaan menjadi cara setiap warga negara Indonesia untuk ikut serta menyemarakkan HUT ke-75 RI.

“Bangsa Indonesia memiliki modal besar yaitu bagaimana gotong royong, empati, kerja sama, keuletan, dan ketangguhan untuk menghadapi rintangan dan hambatan sebagai sebuah bangsa. Modal besar tersebut dahulu telah dibuktikan oleh bangsa Indonesia sendiri lewat perjuangan para pahlawan melawan dan mengusir penjajah. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu dalam mempercepat kebangkitan bangsa untuk Indonesia Maju”, ujar Eddy.

Kemensetneg melalui Sekretariat Presiden, membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-75 RI melalui konferensi video. Menutup penjelasannya, Eddy menginformasikan, masyarakat yang ingin ikut serta dalam upacara secara daring ini dapat mendaftarkan diri melalui alamat www.pandangistana.setneg.go.id yang dibuka mulai tanggal 10 Agustus 2020 pukul 17:08:45. (OTH – Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
5           2           5           2           0