Gandeng PLN, GBK Luncurkan Penggunaan Listrik Ramah Lingkungan untuk Penyelenggaraan Event

 
bagikan berita ke :

Rabu, 30 Juni 2021
Di baca 112 kali

Jumat lalu (23/6), Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) dan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menandatangani kesepakatan kerja sama mengenai peningkatan dan pemanfataan energi ramah lingkungan di kawasan GBK yang dilakukan di tempat terpisah. Melalui kerja sama ini, PLN dan PPKGBK berkomitmen untuk bersama-sama mewujudkan kawasan ramah lingkungan (green zone) di kawasan GBK.

 

Dalam kerja sama ini, kedua belah pihak sepakat untuk memanfaatkan peralatan listrik berupa Power Bank dan Uninterruptible Power Supply (UPS) dari PLN untuk setiap penyelenggaraan event (acara) di kawasan GBK. Hal ini selaras juga dengan program Jakarta Langit Biru yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

 

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyampaikan bahwa PLN sangat antusias dengan adanya kerja sama penyedian listrik di kawasan GBK untuk kebutuhan penyelenggaraan acara.

 

"Kami sangat mendukung untuk penggunaan listrik ramah lingkungan di GBK saat ada event di sana, untuk kepentingan masyarakat umum khususnya warga Jakarta dalam mewujudkan program Langit Biru Jakarta. PLN siap untuk menempatkan engineer dan operator on site untuk penjagaan saat event berlangsung. PLN juga memberikan pelayanan Account Executive sebagai media penghubung antara penyelenggara event, PLN, dan PPGBK,” jelas Doddy.

 

Direktur Utama PPGBK, Rakhmadi A. Kusumo menambahkan bahwa pihak GBK sangat mendukung adanya green zone di GBK, khususnya terkait dengan penyediaan listrik di mana tidak ada lagi polusi udara dan suara dari generator set pada saat penyelenggaraan acara.

 

 

Foto: Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi, PPPK Gelora Bung Karno


 

"PPGBK dan PLN sepakat untuk bersama mewujudkan kawasan GBK yang ramah lingkungan, memiliki udara yang lebih bersih. Kami sangat mendukung adanya green zone di GBK khususnya terkait dengan penyediaan listrik saat penyelengaraan event di mana tidak ada lagi polusi udara dan suara dibandingkan dengan pengunaan generator set. Kerjasama ini merupakan salah satu wujud nyata PPKGBK untuk memberi dampak positif terhadap lingkungan dan mendorong mindset masyarakat untuk terus berupaya aktif dalam program-program green zone dan energi listrik yang ramah lingkungan,” ujar Rakhmadi.

 

Sebagai informasi, kelebihan peralatan listrik dari PLN ini antara lain yaitu tidak menimbulkan polusi udara dan suara seperti penggunaan listrik yang dihasilkan oleh generator set. Komponen listrik yang digunakan pada setiap acara di GBK akan dipasok oleh Power Bank PLN yaitu trafo yang dapat dipindah-pindah.

 

Besarnya daya yang dipasok oleh PLN disesuaikan dengan permintaan penyelenggara acara yang sebelumnya telah berkoordinasi terlebih dahulu dengan PPKGBK. Listrik yang digunakan untuk penyelenggaraan acara dipasok melalui dua sumber yang kualitasnya sama dan dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) untuk memindahkan suplai listrik dari utama ke cadangan apabila terdapat gangguan. Dalam menjamin keandalan listriknya, PLN juga menyiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya total 3.500.000 Volt Ampere (VA) dan akan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Para penyelenggara acara di kawasan GBK sudah dapat memanfatkan fasilitas power bank dan UPS dari PLN sejak tanggal 29 Juni 2021. (TNS-Humas PPKGBK/WKA-Humas Kemensetneg)

 

Foto: Divisi Humas, Hukum, dan Administrasi, PPPK Gelora Bung Karno


 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0