GIFA Advocacy Award 2020 sebagai Motivasi KNEKS Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah Nasional

 
bagikan berita ke :

Senin, 14 September 2020
Di baca 39 kali

Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menerima penghargaan Global Islamic Finance Awards (GIFA) Advocacy Award 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (14/09/2020).

Acara yang digelar di Islamabad, Pakistan, dimana Presiden Pakistan, Arif-ur-Rehman Alvi bertindak sebagai tuan rumah, menurut Wapres, penghargaan ini menjadi bukti peran nyata KNEKS dalam meningkatkan kepercayaan publik internasional, khususnya para investor keuangan syariah, serta bukti keseriusan Pemerintah Indonesia dalam mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Saya mengucapkan terima kasih atas hospitality Presiden Republik Islam Pakistan yang berkenan menjadi Tuan Rumah Penghargaan GIFA Award 2020. Sebagai sahabat dekat Indonesia, saya menyampaikan salam dari seluruh rakyat Indonesia kepada seluruh rakyat Pakistan. Terima kasih juga kepada Founding Chairman GIFA Prof. Dr. Humayon Dar yang secara konsisten telah menyelenggarakan kegiatan GIFA Award yang sudah berjalan selama 10 tahun terakhir,” ucapnya.

Lebih jauh, Wapres mengungkapkan bahwa sebagai sebuah sarana untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan Islam secara internasional, GIFA telah menjadi katalisator dalam mendorong upaya tersebut.

“Sebagai penghargaan yang prestisius GIFA senantiasa menyertakan semua pemangku kepentingan industri mulai dari politisi hingga akademisi yang berkontribusi besar dan memainkan peran kepemimpinan di bidangnya masing-masing,” ungkapnya.

Tahun ini, kata Wapres, ia bersyukur karena KNEKS mendapatkan GIFA Advocacy Award 2020.

“Sebagai Ketua Harian KNEKS saya menerima penghargaan ini atas nama KNEKS dan atas nama Pemerintah Indonesia. KNEKS secara institusi merupakan representasi dari Pemerintah Indonesia dalam misi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” urainya.

Wapres pun tak lupa mengapresiasi atas kepercayaan panitia GIFA, sehingga KNEKS memperoleh penghargaan ini.

“Atas nama KNEKS dan Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan GIFA Award Committee atas penghargaan ini. Kami menerima ini sebagai sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global-hub ekonomi syariah dan industri halal dunia, serta memberikan dampak pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber ekonomi baru pasca pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia,” tutur Wapres.

Menurut Wapres, ini bukan kali pertama Indonesia menerima penghargaan dari GIFA. Tahun 2016 Presiden Joko Widodo juga mendapatkan penghargaan GIFA Leadership Award 2016. Pada tahun yang sama, sebagai ketua MUI, dirinya juga menerima penghargaan GIFA lifetime award. Di samping itu, pada tahun 2019 Indonesia mendapatkan penilaian peringkat pertama dalam pengembangan keuangan syariah. Beberapa pelaku ekonomi dan keuangan syariah juga pernah mendapatkan penghargaan, seperti BI, BAZNAS, Bursa Efek Indonesia (IDX), Penerbit SBSN Indonesia, dan berbagai lembaga jasa keuangan syariah.

“Bagi kami, semua penghargaan yang diberikan GIFA kepada Indonesia merupakan capaian bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah nasional, yang mendapat dukungan dan komitmen politik dari pemimpin tertinggi di Indonesia,” papar Wapres.

“Khusus bagi KNEKS, penghargaan ini juga menjadi motivasi atas pentingnya peran KNEKS dalam membantu mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” pungkasnya. (RN, KIP-Setwapres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0