Gunakan POSTER, 309 Peserta Penerimaan CPNS Kemensetneg Tahun 2019 Mengikuti SKB Bahasa Inggris

 
bagikan berita ke :

Selasa, 08 September 2020
Di baca 461 kali

Sebanyak 309 Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Sekretariat Negara (CPNS Kemensetneg) Tahun 2019 mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Bahasa Inggris dengan menggunakan POSTER (Portal Assesmen Terpadu) hari ini, Selasa (8/9).

Seperti yang sudah dijelaskan Ketua Sekretariat Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg tahun 2019, Muharromi pada sesi pembekalan yang berlangsung Kamis, 3 September lalu, SKB Bahasa Inggris diikuti secara daring oleh para peserta. “SKB Bahasa Inggris ini nanti menggunakan POSTER seperti yang sudah kita jelaskan kepada para peserta saat pembekalan,” ujar Romi saat dijumpai di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemensetneg.

Ini merupakan kali kedua aplikasi POSTER digunakan untuk seleksi ujian, sebelumnya POSTER digunakan dalam seleksi Uji Kompetensi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi.  Yudhi Ardinal selaku penggagas aplikasi POSTER ini menjelaskan proses pengerjaan aplikasi POSTER untuk SKB CPNS tahun 2019 ini.  “Tidak hanya sistem, POSTER kali ini kita juga menyiapkan video tutorial bagaimana cara penggunaan POSTER ini, setelah jadi kita membuat dummy untuk trial agar orang-orang mencoba POSTER ini dan kita mencontohkan kepada peserta sebelum mereka melakukan login, ada beberapa step yang harus dilalui sampai akhirnya kita mendapatkan nilai dari peserta,” ujar pria yang akrab disapa Yudhi ini.

Pada saat mengerjakan SKB Bahasa Inggris ini, peserta harus mengerjakan tiga bagian tes, yaitu listening, structure dan reading. “Setiap sequence waktunya berbeda-beda, untuk listening dan structure waktunya 25 menit, sedangkan reading waktunya 55 menit, kelebihan memakai sistem yang di uji kan kepada CPNS ini sudah melalui tahapan yang lumayan panjang, jadi kevalidan waktu dan soal ini Insha Allah sudah teruji,” tutur pria yang sekarang menjabat sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran Muda pada Bidang Perencanaan dan Evaluasi, Pusdiklat Kemensetneg.



Yudhi menjelaskan pada saat ujian SKB berlangsung, peserta tidak terlihat mengalami kendala pada saat mengerjakan soal di dalam POSTER. “Untuk CPNS ini karena mereka sudah terbiasa dengan sistem, jadi yang saya lihat overall mereka tidak ada masalah untuk mengerjakannya, ada satu hal yang tidak bisa jamin pada saat mengerjakan ujian secara online yaitu perlengkapan apa yang mereka gunakan dan punya kemudian jaringan internet apa yang mereka gunakan, sehingga ketika terjadi permasalahan di peserta itu juga kita ngebantunya susah karena banyak perangkat di luar kontrol kita kecuali mereka di lokasikan di satu tempat untuk ujian, itu beda lagi, kendalanya paling itu,” jelas Yudhi.

Yudhi mengatakan baru kali ini POSTER digunakan oleh peserta dengan jumlah massif. “Peserta yang mengikuti tes ini sekitar 300 lebih, dan terus terang itu belum pernah dilakukan, maksimal ujian online yang kita selenggarakan itu diikuti sekitar 100 orang saja, baru kali ini 300, jadi ini hal yang baru juga buat kami, karena berbicara tentang POSTER ini dibelakangnya ada tim lain seperti tim server dan tim jaringan,” kata Yudhi.

Peserta SKB Bahasa Inggris pun juga mengungkapkan kemudahan dalam melaksanakan SKB dengan menggunakan POSTER. Salah satunya adalah Fatharani Azmi Nadhira. Wanita yang disapa Dhira ini mengungkapkan aplikasi POSTER terdevelop dengan baik. “Tes SKB Ini kalau dari sisi peserta cukup menegangkan ya, untuk aplikasi POSTER sendiri menurutku sudah terdevelop dengan baik dan saya tidak susah untuk menggunakannya, jadi sangat mudah untuk dilakukan tesnya,” pungkas Dhira yang melamar CPNS sebagai Analis Kesejahteraan di Sekretariat Kabinet.



Avi Pratiwi Priambodo, pelamar CPNS sebagai Analis Sumber Daya Manusia Aparatur juga mengungkapkan kemudahan dalam menggunakan aplikasi POSTER ini. “Alhamdulillah dari awal pembekalan hingga saat ini, saya tidak menemukan kendala dalam menggunakan POSTER ini, tadi mungkin pas awal sign in internetnya ada kendala karena semua peserta sepertinya masuk tapi pas saya refresh muncul self enrollmentnya,” ujarnya.

Selanjutnya bagi para peserta yang lulus SKB Bahasa Inggris akan mengikuti SKB Psikotes dan terakhir Wawancara. Pengumuman tentang Seleksi CPNS Tahun 2019 dapat dilihat pada situs web resmi Kemensetneg di www.setneg.go.id. (ART, Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
8           0           0           0           0