Hadirkan Kemudahan Layanan Perkantoran, Kemensetneg Resmi Luncurkan Aplikasi Nadie dan Setneg Point

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Jumat, 22 September 2023
Di baca 1021 kali

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menggelar Peluncuran Aplikasi Naskah Dinas Elektronik (Nadie) dan Setneg Point, pada Jumat (22/9). Bertempat di Aula Serbaguna Gedung III, Kemensetneg, soft launching aplikasi tersebut dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan Kemensetneg, baik secara luring maupun daring melalui zoom meeting.

Kepala Biro Informasi, Data, dan Teknologi (Infodatek), Irma Dwi Santi, mengungkapkan bahwa perkembangan transformasi digital menuntut banyak pihak, termasuk Instansi Pemerintah untuk cepat beradaptasi dan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik.  “Peluncuran aplikasi Nadie dan Setneg Point merupakan tahap awal dalam memberikan pelayanan kepada para pejabat dan pegawai Kemensetneg dalam mendukung pekerjaan sehari-harinya dengan mudah dan cepat“ ungkapnya.

Aplikasi Nadie merupakan aplikasi persuratan elektronik yang telah memiliki fitur text editor user friendly dan proses bisnis yang disesuaikan dengan pola kerja baru, sedangkan aplikasi Setneg Point merupakan aplikasi yang didesain untuk memberikan layanan perkantoran bagi para pejabat dan pegawai di lingkungan Kemensetneg.

Aplikasi Setneg Point saat ini dapat berjalan pada sistem Android dan iOS, yang dapat langsung di download pada Playstore untuk android dan Apple store untuk versi iOS. Hal ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Kementerian Sekretariat Negara, dimana tidak banyak Kementerian/Lembaga yang memiliki layanan aplikasi terintegrasi dalam satu platform mobile berbasis Android dan iOS.

Pembangunan kedua Aplikasi ini merupakan pemenuhan dari kebutuhan pejabat/pegawai di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dalam hal untuk mendapatkan kemudahan melakukan tugas dan fungsi yang didukung oleh teknologi informasi dan wujud dari digitalisasi proses bisnis yang sehari-hari dilakukan dalam bekerja diantaranya melakukan absensi, melihat riwayat absensi, mengecek penghasilan, melakukan interaksi dengan Dokter Klinik, mendapatkan informasi terkini, dan beberapa layanan lainnya.


Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam menghadirkan inovasi berupa kemudahan dan kecepatan layanan melalui kedua aplikasi yang diluncurkan.
“Saya berharap Aplikasi Nadie dan Setneg Point ini ibaratnya bisa menjadi urat nadi dari proses bisnis di Kemensetneg untuk membantu kita semua bekerja dengan lebih baik, lebih cepat, lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan”.

Peluncuran kedua aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi luar biasa antara Biro Infodatek bersama Biro TU dan unit kerja terkait lainnya dalam menghadirkan suatu inovasi. Karena dalam beberapa kesempatan, Menteri Sekretaris Negara mengarahkan agar Kemensetneg harus berupaya menghadirkan berbagai inovasi melalui teknologi yang dapat memudahkan suatu pekerjaan.

Puncak acara dilakukan dengan peresmian secara seremonial aplikasi Nadie dan Setneg Point oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara didampingi oleh Kepala Biro Informasi, Data dan Teknologi; Kepala Biro Tata Usaha dan Arsip Kepresidenan; dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia.

Penggunaan kedua aplikasi ini akan secara efektif digunakan oleh para pejabat dan pegawai Kemensetneg mulai bulan Oktober 2023 mendatang. Oleh sebab itu, seluruh pejabat dan pegawai diharapkan dapat segera mengunduh aplikasi melalui Play Store maupun App Store di smartphone masing-masing. (SAR/DEW/YLI-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0