Jadi Game Changer Percepatan Penanggulangan Covid-19, Vaksinasi Perlu Diselesaikan dalam Satu Tahun

 
bagikan berita ke :

Kamis, 04 Maret 2021
Di baca 36 kali

Jakarta, wapresri.go.id – Berbagai langkah dilakukan Pemerintah Indonesia untuk meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Dari sisi kesehatan, ada penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), 3 M (menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, 3 T (tracing, testing, treatment), hingga pelaksanaan vaksinasi. Program vaksinasi diharapkan menjadi pengubah permainan (game changer) dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Untuk itu, pelaksanaannya diharapkan dapat diselesaikan dalam satu tahun.

 

“Nah, vaksinasi inilah yang kita harapkan akan menjadi game changer-nya. Dan kita, satu tahun ini kita harapkan bisa selesai, karena itu memang ini merupakan upaya percepatan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dalam program Media Indonesia, Dialog Spesial Indonesia Bicara melalui konferensi video, di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta, Kamis (04/03/2021).

 

Sementara, dari sisi ekonomi, Wapres menekankan pentingnya penanganan Covid-19 dengan menaikkan tingkat kepercayaan diri (confidence level) bagi para pengusaha.

 

“Kuncinya yaitu adalah penanganan Covid, ini yang harus kita tekan. Yang penting bagaimana mengembalikan confidence level-nya itu, kepercayaan diri dari para pengusaha,” ujar Wapres.

 

Untuk membangkitkan rasa percaya diri tersebut, Wapres mengungkapkan, pemerintah memberikan  berbagai insentif para pengusaha. Di antaranya, kemudahan penangguhan pembayaran yang diberikan dari Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia, dan membentuk Lembaga Pengelola Investasi (LPI) untuk menumbuhkan program strategis ekonomi Indonesia.

 

“Kita harapkan peran LPI ini bisa menumbuhkan berbagai program strategis yang juga akan menumbuhkan ekonomi. Kemudian LPI juga In Sya Allah akan mendapat investasi bukan saja sendiri yang kita sediakan, tapi juga dari luar negeri,” ungkap Wapres.

 

Wapres meyakini bahwa di tahun 2021 perekonomian Indonesia akan semakin mambaik seiring dengan penanggulangan pandemi Covid-19 yang terus diupayakan pemerintah.

 

“Indikasi sudah terlihat dari minus 5 jadi minus 2,07. Sekarang di 2021 kita menggenjot supaya surplus 4-5%. Kalau sampai 5 berarti ada kenaikan 7% di tahun 2021 ini. Menurut saya, optimisme itu akan lebih besar lagi. Tanda-tandanya sudah ada,” papar Wapres.

 

Menutup wawancaranya, Wapres mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam berkolaborasi dengan menjaga semangat, dan bersama-sama mengikuti anjuran pemerintah sebagai upaya mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

 

“Kalau semuanya berjalan dengan baik, saya kira kita pasti akan mencapai lebih dari apa yang kita perkirakan, kalau kita membangun semangat dan pandangan yang sama, serta persiapan yang optimal dari semua pihak,” ucap Wapres optimis.

 

Sebagai informasi, program Dialog Spesial Indonesia Bicara merupakan acara talk show yang mengulas isu-isu terkini dengan menghadirkan tokoh-tokoh nasional di Indonesia. Tema yang di angkat kali ini adalah “Status Ekonomi Indonesia Menurun dan Upaya Memperbaikinya”. Acara yang  dipandu oleh Ketua Dewan Redaksi Media Group Usman Kansong tersebut, disiarkan secara live di Youtube, Facebook, dan Instagram Media Indonesia setiap Kamis. (DMA/SK-BPMI, Setwapres)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0