Kemensetneg Gandeng Media Kaltim Post Glorifikasikan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara

 
bagikan berita ke :

Kamis, 07 Maret 2024
Di baca 661 kali

Ibu Kota Nusantara dibangun tidak hanya sebagai tempat peradaban baru di Indonesia, namun juga diproyeksikan sebagai salah satu pilar terwujudnya Indonesia Emas 2045A sehingga perlu upaya keterlibatan multistakeholder dalam  memantik pengembangan optimisme dari seluruh komponen masyarakat, utamanya generasi muda, dalam mempersiapkan diri dan menyambut   Indonesia Emas  2045 di  100 tahun Indonesia merdeka.

 

Guna mendukung terwujudnya  tujuan tersebut, Kementerian Sekretariat Negara menyambangi Kaltim Pos, salah satu pionir media di Balikpapan, pada Kamis (7/3). Langkah ini sebagai upaya untuk mengandeng kalangan media dalam membantu mendisiminasikan penyelarasan positive framing masyakarat dalam  membantu pemerintah  mengglorifikasikan ruang publik dengan optimisme pembangunan, utamanya pembangunan IKN dan pelaksanaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

           

Disambut oleh Direktur Kaltim Pos, Erwin Dodo Nugroho beserta jajarannya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono Sugiarto menyebutkan bahwa momentum HUT ke-79 RI mendatang selayaknya menjadi momentum dalam memantik antusiasme dan optimisme Indonesia Emas 2045.

 

“HUT Kemerdekaan ke-79 RI ini merupakan momentum bagi Indonesia karena baru pertama kali, upacara HUT RI dilaksanakan di luar Pulau Jawa. Ini menjadi langkah kemajuan bukan hanya bagi pemerintah, namun juga menjadi upaya pengembangan tumbuhnya pusat pengembangan ekonomi  regional berbasis Indonesia Sentris sehingga diperlukan keterlibatan masyrakat dalam mendukungnya,” buka Eddy.

           

Lebih lanjut, Eddy menuturkan bahwa  HUT ke-79 Republik Indonesia mendatang patut  digaungkan  dengan sukacita dan semarak sehingga optimisme  Indonesia Emas itu terus terjaga, bahkan meningkat.

 

“Momentum ini merupakan langkah konsolidasi bangsa dan memiliki tantangan tersendiri yang perlu dipersiapkan dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan  sekaligus menandakan babak baru kemajuan Indonesia untuk terus mempersipakan diri dalam menyongsong Indonesia Emas 2045,” tutur Eddy.

           

Menanggapi penuturan Eddy, Direktur Kaltim Pos, Erwin Dodo Nugroho menyampaikan apresiasinya dan menyebut bahwa pembangunan IKN merupakan objek utama pemberitaan di Kalimantan Timur.

 

“Sejak awal pembangunan IKN, setelah pengumuman, kurang lebih tahun 2019, berita IKN menjadi perhatian kami untuk selalu kami update. Kami melakukan liputan beberapa tema-tema seperti pogres pembangunan IKN, persiapan upacara 17 agustus,  ataupun pionir pemindahan ASN ke IKN. Langkah ini menjadi upaya kami untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah,” sambut Erwin.

 

Erwin juga menyebut bahwa Kaltim Pos turut membangun langkah-langkah strategis sehingga gaung berita tentang IKN  terus ditingkatkan khususnya kepada masyarakat Kalimantan Timur, baik melalui  media sosial maupun di media cetak yang ada.

 

“Kami juga turut mengajak pegiat media sosial dan influencer untuk mendapatkan sebaran pemberitaan yang lebih luas. Dengan cara ini, kami yakin bahwa partisipasi masyarakat bisa lebih besar didapatkan,” jelasnya.

 

Ruang diskusi yang hangat dilanjutkan dengan sumbangsih saran dari para redaktur yang hadir dalam mengglorifikasi isu IKN, khususnya persiapan pemerintah dalam penyelenggaraan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN. Dalam diskusi terseubut, turut hadir juga perwakilan dari  Bank Syariah Indonesia yang ikut menyoroti peran strategis generasi muda dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

Di akhir diskusi, Eddy mengundang Kaltim Post untuk hadir dalam kegiatan Setneg Manhtul Goes to Campus yang diselenggarakan di Universitas Balipapan pada Hari Jum’at, (8/3).

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0