ITPC adalah kegiatan pameran yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan untuk mempromosikan ekspor Indonesia di pasar Amerika. Kegiatan ini memfasilitasi usaha eksportir Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke Amerika. Ini sekaligus menjadi ajang untuk promosi produk unggulan ekspor Indonesia. Riset pasar juga dilakukan untuk mengetahui peluang produk Indonesia di Amerika. Demikian dilansir dari Tim Komunikasi Presiden.
Saat ini, berbagai produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia telah tersedia dan dijual di supermarket Asia di Amerika dan Hispanik. Seperti, kopi, arum teh, snack dekasreps, dan Mix Root Fruit (singkong dan kentang manis). Bahkan Mix Root Fruit telah masuk di pasar mainstream di Amerika Serikat, seperti Whole Foods, TJ Max, dan Marshall’s.
Mengacu data dari U.S. Department of Commerce, total ekspor Indonesia ke Amerika Serikat tahun 2015 senilai US$ 19,575,322,143 (19 billion US Dolar). Dengan demikian total ekspor Indonesia ke AS naik 1,1% dari tahun 2014. Tiga produk unggulan Indonesia yang mendorong peningkatan ekspor Indonesia itu seperti Knit Apparel, Woven Appare dan Rubber.