Keterangan Pers Joko Widodo setelah Pertemuan Bilateral antara Indonesia dan Mozambik

 
bagikan berita ke :

Rabu, 23 Agustus 2023
Di baca 254 kali

di Kantor Presiden Mozambik, Maputo, Republik Mozambik

 

Terima kasih, Yang Mulia Presiden Filipe Nyusi.

 

Suatu kehormatan bagi saya berkunjung ke Mozambik membalas kunjungan yang mulia, dan tadi pagi saya senang bisa diberi kesempatan untuk melihat keberagaman seni budaya dalam event budaya yang diselenggarakan tadi pagi.

 

Mozambik adalah sahabat dekat Indonesia dan merupakan mitra Preferential Trade Agreement (PTA) pertama bagi Indonesia di Afrika. Dan, Indonesia terus berkomitmen untuk memperkuat kemitraan dengan Mozambik melalui kerja sama yang konkret, baik di bidang ekonomi maupun pembangunan.

 

Dalam pertemuan, kami tadi membahas beberapa hal. Pertama, terkait perdagangan, sejak Preferential Trade Agreement Indonesia-Mozambik diterapkan tahun 2022, perdagangan naik signifikan yaitu 78 persen per Juni tahun ini. Dan, kami telah sepakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan PTA untuk pelaku usaha melalui kerja sama antar-kamar dagang. Selain itu, saya juga mendorong ekspor produk kereta oleh BUMN Indonesia ke Mozambik.

 

Yang kedua, saya menyambut baik rencana investasi untuk pengelolaan migas end-to-end oleh BUMN Indonesia dan perluasan investasi di sektor pembangkit listrik, serta produksi dan penjualan distribusi gas oleh perusahaan swasta Indonesia. Selain itu, saya juga menyambut baik rencana pembentukan Bilateral Investment Treaty dan menugaskan menteri terkait untuk segera diselesaikan perjanjian ini.

 

Kami juga telah sepakat untuk memperkokoh kerja sama ketahanan kesehatan Mozambik melalui pengadaan vaksin, obat-obatan dan alat kesehatan dan meminta dukungan Presiden Nyusi untuk proses registrasi vaksin Indonesia.

 

Yang keempat, Indonesia terus berkomitmen untuk memperkokoh kerja sama pembangunan dengan Afrika. Dan, Indonesia sedang merampungkan grand design untuk pembangunan lima tahun ke depan untuk Afrika di sektor kesehatan, pangan dan energi, dan sektor yang lain, yang menjadi kepentingan Mozambik.

 

Yang terakhir, tadi kita telah membentuk task force untuk menindaklanjuti semua diskusi dalam pertemuan bilateral tadi dan kita harapkan dengan task force ini akan tercapai tindak lanjut dari diskusi yang kita lakukan hari ini.

 

Sebagai penutup, saya mengundang partisipasi Mozambik pada Indonesia-Africa Forum yang kedua tahun depan.

 

Terima kasih.

 

 



Sumber: https://setkab.go.id/pertemuan-bilateral-antara-indonesia-dan-mozambik-di-kantor-presiden-mozambik-maputo-republik-mozambik-23-agustus-2023/