Keterangan Pers Presiden Republik Indonesia Pada Peninjauan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)

 
bagikan berita ke :

Senin, 17 Januari 2022
Di baca 668 kali

Tunnel 2, Proyek KCJB, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat
 
 

Bismillahirahmanirrahim.

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

 

Pada siang hari ini, saya melakukan peninjauan pada progres perkembangan konstruksi Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Bersama-sama dengan Pak Menko, para Menteri, dan Gubernur Jawa Barat, utamanya di Terowongan 2 yang memang di sini ada masalah teknis yang harus kita selesaikan. Tetapi tadi dari keterangan yang ada di lapangan, Dirut PT KCIC, juga dari Menko Marinves (Maritim dan Investasi), juga dari Kementerian PUPR, bahwa Terowongan 2 ini memang berjalannya agak lambat, karena memang jenis tanah yang ada di sini memang memerlukan kerja yang penuh kehati-hatian.

 

Sampai saat ini secara keseluruhan, Kereta Cepat Jakarta Bandung telah diselesaikan 79,9 persen, yang kita harapkan nantinya di akhir tahun 2022 ini sudah bisa diuji coba. Dan kemudian di bulan Juni 2023 bisa kita operasionalkan.

 

Harapan kita, dengan selesainya Kereta Cepat Jakarta Bandung ini akan mengurangi kemacetan, baik yang ada di Jakarta, maupun yang ada di Bandung. Juga mempercepat mobilitas orang dan juga barang. Dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing yang baik bagi negara kita.

 

Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini.

 

Terima kasih.

 

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.