Keterangan Pers Presiden saat Peninjauan Lokasi Terdampak Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat

 
bagikan berita ke :

Selasa, 22 November 2022
Di baca 124 kali

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Pertama-tama, atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

 

Dan kemarin, langsung sudah saya perintahkan kepada Menko PMK, kepada BNPB, kepada Basarnas, kemudian juga saya sampaikan juga kepada TNI dan Polri, kepada Kementerian PUPR untuk bersama-sama gerakkan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur ini, utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang terkena longsor.

 

Kemudian yang kedua, untuk korban-korban yang masih tertimbun, saya juga telah memerintahkan agar itu didahulukan evakuasinya, penyelamatan, didahulukan.

 

Kemudian yang ketiga, untuk nantinya rumah-rumah yang rusak berat, yang rusak ringan, yang rusak sedang, pemerintah akan memberikan bantuan. Yang rusak berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, yang sedang diberikan bantuan Rp25 juta, dan yang ringan diberikan bantuan Rp10 juta.

 

Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini, diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang antigempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk yang rumah antigempa.

 

Ya, saya rasa itu mungkin yang ingin saya sampaikan. Yang paling penting, saya senang akses jalan yang kemarin tertimbun sudah tadi sampai pagi, sudah bisa dibuka alhamdulillah. Dan, ini nanti akan dilanjutkan dengan kecepatan dalam penanganan, terutama penyelamatan evakuasi untuk yang masih tertimbun ya. Terima kasih.

 

Sumber: https://setkab.go.id/peninjauan-lokasi-terdampak-gempa-bumi-di-kabupaten-cianjur-provinsi-jawa-barat-22-november-2022/