Kunjungi Kabupaten Lampung Selatan, Tim Biro GTK Kemensetneg Lakukan Verifikasi Lapangan Usulan Tanda Kehormatan

 
bagikan berita ke :

Senin, 06 Mei 2024
Di baca 234 kali

Senin (6/5), Tim Verifikasi Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, Sekretariat Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Setmilpres Kemensetneg) menghadiri kegiatan verifikasi lapangan dalam rangka pengusulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kepada Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Winarni di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

 

Kegiatan verifikasi lapangan tersebut diselenggarakan selama 4 hari mulai tanggal 5 hingga 8 Mei 2024 dengan agenda utama menerima paparan dari calon penerima tanda kehormatan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan serta kunjungan lapangan yang dilaksanakan di Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

 

Kepala Biro Umum Sekretariat Militer Presiden Brigjen Pol. Toni Ariadi Effendi selaku Ketua Tim Verifikasi menyampaikan sambutan dan penjelasan terkait hal-hal teknis terkait agenda verifikasi lapangan untuk Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diusulkan oleh instansi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tersebut.


“Kami akan menerima paparan dari calon penerima yaitu Bupati serta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, kemudian setelah itu besok akan kami verifikasi lapangan apakah paparan yang kami terima dari Pak Bupati dan Ibu sesuai dengan fakta yang ada di lapangan” ujar Toni.

 

Pada kesempatan tersebut Toni juga menjelaskan mekanisme dan ketentuan pengusulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diusulkan oleh BKKBN. Tidak semua daerah di Indonesia diusulkan untuk mendapatkan tanda kehormatan tersebut karena ada proses penilaian internal oleh BKKBN yang dilakukan terlebih dahulu dengan mengacu pada track record serta jasa maupun prestasi dari calon penerima yang diusulkan tersebut.

 

“Kegiatan verifikasi lapangan atas usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya atas nama Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni yang diusulkan oleh BKKBN ini mengacu atas karya dan jasa beliau-beliau di bidang pembangunan keluarga. Jadi untuk Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari BKKBN ini tidak semua diusulkan, tidak semua bupati, hanya dilihat dari track recordnya dan sudah mencanangkan program Bangga Kencana ini minimal 2 tahun secara berturut-turut dan berkelanjutan,” jelas Toni.

 


Foto: Biro GTK Setmilpres

 

Toni juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Lampung Selatan yang bersama dengan BKKBN sudah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan verifikasi lapangan tersebut. Tak lupa, Toni juga menyampaikan pujian kepada Pemkab Lampung Selatan atas diusulkannya dua calon penerima untuk mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari BKKBN. “Alhamdulillah untuk Lampung Selatan ini sekaligus dua usulan secara bersamaan yaitu Bupati dan Tim Penggerak PKK, di tempat lain mungkin hanya satu-satu saja, bahkan belum tentu ada”, pungkas Toni.

 

Kegiatan Verifikasi Lapangan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tersebut dilanjutkan dengan agenda peninjauan lapangan dengan mengunjungi Posyandu Remaja Desa Bumi Daya, Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) "Creative" Desa Bumi Daya, serta stan pameran di Lapangan Desa Bumi Daya Kabupaten Lampung Selatan. (Mashluchi Sundjaya-Biro GTK, Setmilpres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0