Kunjungi Kota Pekanbaru, Tim Biro GTK Setmilpres Verifikasi Usulan Satyalancana Wira Karya Kepala SKK Migas Sumatera Bagian Utara

 
bagikan berita ke :

Senin, 20 Mei 2024
Di baca 308 kali

Selasa (14/5), Tim Verifikasi Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (Biro GTK) Setmilpres hadiri kegiatan verifikasi lapangan dalam rangka pengusulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral kepada Kepala Perwakilan Sumatera Bagian Utara, Lingkungan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rikky Rahmat Firdaus di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Kegiatan verifikasi lapangan tersebut diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 13 s.d. 15 Mei 2024 dengan agenda utama menerima paparan dari calon penerima tanda kehormatan di Ruang Rapat DICE Kantor Pertamina Hulu Rokan Kota Pekanbaru serta kunjungan lapangan yang dilaksanakan di lokasi pengeboran Rig 271 BDSI Minas Kota Pekanbaru.

 

Sandy, Kepala Bagian Penganugerahan Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden selaku Ketua Tim Verifikasi didampingi Tim Verifikasi Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Setmilpres menyampaikan sambutan dan penjelasan terkait terkait agenda Verifikasi Lapangan usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang merupakan usulan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada kesempatan tersebut.



“Sesuai amanat Pasal 18 Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, syarat khusus tanda kehormatan berupa Satyalancana Wira Karya adalah berjasa dalam memberikan darma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain” ujar Sandy.

 


Foto: Biro GTK Setmilpres

 

Sandy juga menjelaskan bahwa agenda kegiatan verifikasi lapangan usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diusulkan oleh Kementerian ESDM khususnya untuk calon penerima Kepala Perwakilan Sumatera Bagian Utara, Lingkungan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rikky Rahmat Firdaus ditujukan untuk menggali data yang diperlukan sebagai bahan laporan kepada Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

 

“Kegiatan verifikasi lapangan ini sendiri bukan merupakan ajang untuk menguji atau menentukan siapa yang mendapat penghargaan dan siapa yang tidak, karena kegiatan ini ditujukan untuk menggali data yang diperlukan sebagai bahan laporan kami kepada Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan” ucap Sandy.

 

Sandy juga menyampaikan harapannya pada kegiatan verifikasi lapangan tersebut agar semua pihak yang terlibat dapat mendukung kelancaran dan kesuksesan acara. “Besar harapan kami agar semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara ini dapat mendukung sukses dan lancarnya rangkaian kegiatan verifikasi lapangan atas usulan tanda kehormatan dimaksud yang meliputi presentasi dan pendalaman terhadap karya/inovasi/jasa calon penerima serta peninjauan lapangan ke lokasi yang telah ditentukan, karena penghargaan ini akan memiliki arti tersendiri bagi citra dan nama baik Perwakilan Sumatera Bagian Utara Khususnya dan SKK Migas pada umumnya” pungkas Sandy.

 


Foto: Biro GTK Setmilpres

 

Kegiatan Verifikasi Lapangan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, Bidang Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut dilanjutkan dengan paparan dari Tim Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Setmilpres. Regina Pricilla menyampaikan penjelasan terkait teknis pendalaman materi pada kegiatan verifikasi tersebut. “Mengacu pada Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan salah satu asas pemberian Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yaitu kehati-hatian adalah bilamana dalam proses pemberian Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan dilakukan dengan cermat dan teliti kepada orang yang berhak dan memenuhi persyaratan”. jelas Regina.

 

Setelah dilakukan paparan dan pendalaman materi terkait uraian jasa dari Kepala Perwakilan Sumatera Bagian Utara, Lingkungan Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rikky Rahmat Firdaus, kegiatan verifikasi ditutup dengan peninjauan lapangan pada lokasi pengeboran Pertamina yang terletak di Rig 271 BDSI Minas Kota Pekanbaru. (Mashluchi Sundjaya-Biro GTK, Setmilpres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
5           0           0           0           0