Lima Tahun Lagi Indonesia Kembali Jadi Anggota OPEC

 
bagikan berita ke :

Jumat, 30 Mei 2008
Di baca 4696 kali


"Ya lima tahun lagi, dengan syarat ladang-ladang minyak kita bisa dioptimalkan tapi konsumsi jangan naik terus," kata Wapres Jusuf Kalla, Kamis (29/5), saat ditanya kapan Indonesia kembali masuk Opec dengan menjadi negara nett-exporter country.

Indonesia menarik diri dari keanggotaan Opec baru-baru ini. "Pak Purnomo (Menteri ESDM) sudah ngomong bahwa tahun ini kita sudah menyatakan keluar. Dan kalau kita sudah mulai ekspor lagi lebih banyak kita bisa masuk lagi," kata Wapres.

Menurut Wapres Indonesia harus jika masih menjadi anggota Opec karena lebih banyak mengimpor daripada ekspor. "Jadi salah masuk kita sekarang," ujar Wapres.

Wapres juga menyatakan dengan keluar dari Opec, Indonesia mendudukan pada posisi yang sebenarnya karena Indonesia net impor sebanyak 300 ribu barel per hari. "Orang bisa salah sangka dengan Indonesia anggota Opec tetapi harga minyaknya mahal. Ya iya karena orang nggak tahu kita net impor," terang Kalla.

Hanya saja Wapres menyatakan Indonesia hanya bisa net ekspor minyak jika konsumsi bisa ditekan dan produksi ditingkatkan. "Karena itu kita harus menghemat. Ganti minyak tanah dengan elpiji, penggunaan batu bara, juga penghematan secara total," lanjut Wapres.

 

 

Sumber :

http://www.mediaindonesia.com/

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
6           0           1           2           3