Peringati Hari Ibu Ke-90, Kemensetneg Laksanakan Upacara Bendera

 
bagikan berita ke :

Rabu, 26 Desember 2018
Di baca 15459 kali

 

Rabu (26/12), seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Sekretariat Kabinet, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Sekretariat Kantor Staf Presiden, Sekretariat Dewan Pertimbangan Presiden, dan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional mengikuti Upacara dalam rangka memperingati Hari Ibu Ke-90 Tahun 2018. Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan di Halaman Parkir Kantor Kemensetneg pagi ini, dipimpin Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani.


Dalam sejarah singkatnya, pada tahun 1938, Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Kemudian Pemerintah mengukuhkan tanggal tersebut menjadi Hari Nasional.


Tanggal 22 Desember dipilih untuk mengekalkan sejarah bahwa kesatuan pergerakan perempuan Indonesia dimulai pada 22 Desember 1928. Penetapan itu disesuaikan dengan kenyataan bahwa pada hakikatnya Hari Ibu merupakan tonggak sejarah perjuangan perempuan sebagai bagian dari perjuangan bangsa yang dijiwai oleh Sumpah Pemuda 1928.


Tema utama Hari Ibu ke-90 adalah “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Dalam naskah pidato Menteri PPPA yang dibacakan oleh Inspektur Upacara, Yohana Yembise mengingatkan seluruh rakyat Indonesia akan makna memperingati Hari Ibu yakni sebagai momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.


“Peringatan Hari Ibu juga diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” ucap Rika Kiswardani sesuai naskah pidato Menteri PPPA.


Yohana Yambise dalam naskah pidatonya juga berharap melalui Upacara Bendera Peringatan Hari Ibu tahun ini, akan mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam setiap aspek kehidupan. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0