Pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai Kunjungan Kerja ke Afrika

 
bagikan berita ke :

Minggu, 20 Agustus 2023
Di baca 278 kali

di Bandar Udara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

 

Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan, dan ini merupakan kunjungan pertama saya sebagai presiden ke kawasan Afrika.

 

Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang karena Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika di tahun 1955. Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan Gerakan Nonblok saat itu. Dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara the Global South.

 

Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besarnya di Jakarta tahun yang lalu. Ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia. Dan Mozambik adalah negara Afrika pertama di mana Indonesia memiliki PTA (preferential trade agreement). Dan untuk Afrika Selatan, Indonesia diundang dalam KTT BRICS. Dan tentunya, di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan berbagai pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lainnya.

 

Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus.

 

Terima kasih.


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 



Sumber: https://setkab.go.id/pernyataan-presiden-ri-mengenai-kunjungan-kerja-ke-afrika-di-bandar-udara-kualanamu-kabupaten-deli-serdang-provinsi-sumatera-utara-20-agustus-2023/