Presiden Dukung UI Jadi Science Park

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 04 Agustus 2007
Di baca 529 kali

Kedatangan mereka untuk mengundang Presiden meresmikan Kampus UI Depok menjadi suatu Science Park dalam rangka dies natalis UI ke-57.

Sembilan orang pimpinan UI yang bertemu dengan Presiden tersebut, antara lain, Rektor UI Usman Chatib Warsa, Rektor terpilih UI Gumilar Soemantri, Wakil Rektor I Sutanto Suhadho, Wakil Rektor II Darmito, Direktur Mahasiswa dan Alumni Ari Susilo, Multamia Louder, Wiku Adisasmito, Rahmat Gobel serta A. Dahanci.

Menurut Usman Chatib Warsa, Presiden SBY sangat mendukung ide UI sebagai science park. "Karena memang kata Presiden, selain pendidikan, UI juga bisa mengembangkan penelitian dan membantu negara ini lepas dari masalah," ujar Usman usai bertemu dengan Presiden.

Usman juga melaporkan kepada SBY bahwa masanya menjadi rektor sudah habis, dan akan digantikan oleh Rektor terpilih Gumilar Soemantri. "Dengan adanya Bapak Gumilar, kami berharap dapat membawa UI agar bisa berkompetisi dengan universitas luar negeri dan pendidikan UI bisa membawa UI ke skala yang lebih baik," ujar Usman yang didampingi oleh Gumilar Soemantri dan Ari susilo.

Sementara itu, Gumilar berharap bisa membawa UI untuk menembus peringkat 100 di dunia dengan cara akselerasi dan transformasi UI. "Lebih memperkuat governance di dalam transparansi keuangan, merekrut tenaga-tenaga baru yang berkualitas serta mengembangkan yang ada dan mengimplementasikan research and teaching without walls," Gumilar menjelaskan.

Presiden SBY, ujar Gumilar, mengingatkan bahwa universitas harus menjadi lembaga yang mampu berperan di abad ke-21. "Beliau juga mengatakan bahwa di abad ke-21 ini ada tiga pilar yang penting, yaitu policy, technology dan mindset orang-orang," kata Gumilar.

SBY juga mengatakan bahwa kampus merupakan elemen penting yang mampu melahirkan pemikiran-pemikiran. "Dan membantu pemerintah untuk melakukan policy-policy penting dan diharapkan bisa berguna bagi peradaban di Indonesia," Gumilar menambahkan.

 

Sumber:
http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/08/03/2092.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0