Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Aceh Saat Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke-73

 
bagikan berita ke :

Senin, 20 Agustus 2018
Di baca 158 kali

 

Kemerdekaan merupakan kado terindah yang diberikan Tuhan kepada bangsa Indonesia. Dijajah ratusan tahun oleh bangsa lain dengan perang serta pertumpahan darah berhasil dilewati bangsa Indonesia. Dengan kerja keras Bung Karno, Bung Hatta, dan kawan-kawan pejuang kemerdekaan, Indonesia akhirnya merdeka.

17 Agustus 1945 merupakan hari ulang tahun bangsa Indonesia. Pada hari itu sang merah putih dikibarkan ke atas langit. Pertanda bahwa rakyat Indonesia telah bebas dari penjajah yang ingin merebut negara yang berlimpah sumber daya alamnya ini. 

17 Agustus adalah momen yang sakral bagi rakyat Indonesia. Tak heran setiap tahun seluruh pelosok negeri mengadakan upacara proklamasi sebagai tanda untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang telah menjadikan rakyat Indonesia aman dan hidup tentram saat ini.

17 Agustus 2018 lalu, penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka dipimpin langsung oleh Presiden RI. Joko Widodo sebagai Presiden RI ke-7 menjadi inpektur upacara HUT RI untuk yang ketiga kalinya.

HUT ke-73 RI tahun ini, Presiden Jokowi mengusung tema “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Serupa dengan tahun 2017, peserta upacara juga diwajibkan menggunakan pakaian nusantara dari berbagai daerah untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Menarik dan patut untuk diapresiasi bahwa bukan hanya tamu undangan saja yang memakai baju adat. Presiden RI pun tidak luput dari sorotan karena mengenakan pakaian adat. Kali ini Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat yang berasal dari Provinsi Aceh.

Orang nomor satu di Indonesia ini tiba di Istana Merdeka dengan mengenakan pakaian adat yang didominasi warna hitam dan memakai penutup kepala berwarna merah. Jokowi nampak seperti pengantin pria yang sering disebut oleh warga Aceh dengan sebutan Linto Baro.

Decak kagum tersirat di hati para rakyat Indonesia terutama rakyat Aceh yang merasa bangga baju adat provinsi Aceh menjadi pilihan presiden dalam momen sakral upacara Hari Kemerdekaan Ke-73 yang disaksikan ratusan juta rakyat Indonesia.

Rasa bangga diungkapkan oleh Teuku Saiful Samsi Keumangan dari Kesultanan Atjeh Darussalam yang hadir pada upacara Jumat 17 Agustus 2018. “Saya sebagai warga Aceh sangat bangga dan bahagia, baju adat kami dikenakan oleh orang nomor satu di negeri ini”, kata Teuku saat ditemui di sekitar area Istana.

Teuku juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi menggunakan busana yang biasa digunakan pada upacara adat atau acara pemerintahan lainnya yaitu meukasah, siluweu, ijo krong, meukeutop, dan senjata tradisional khas Aceh yaitu rencong.

Tidak hanya Presiden Jokowi saja, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo pun memakai baju adat yang berbeda yaitu dari Minangkabau. Di kutip dari Instagram Kementerian Sekretariat Negara, terlihat Iriana Joko Widodo mengabadikan momen melalui gawainya dengan berswafoto bersama Presiden Joko Widodo yang memakai baju adat yang berbeda di balik pintu ruangan. (WHN - Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           3           0           0           0