Presiden SBY : Indonesia - Swiss Sepakat Tingkatkan Kerjasama Bidang Hukum dan HAM

 
bagikan berita ke :

Jumat, 09 Februari 2007
Di baca 1166 kali

Kerjasama dibidang perdagangan, investasi dan UKM yang selama ini telah berjalan dengan baik antara kedua negara juga sepakat untuk ditingkatkan. “Kerjasama dibidang perdagangan baik selama 5 tahun terakhir naik kurang lebih 17 persen, dan sekarang volume perdagangan kedua negara bernilai sekitar 450 juta Dolar AS. Dan kami sepakat untuk terus meningkatkan volume atau kerjasama di bidang perdagangan ini. Investasi juga berjalan dengan baik, sampai tahun 2006 lalu total investasi lebih dari 3 Milyar Dolar AS sampai tahun 2006 lalu. Kami juga berterimakasih atas kerjasama yang baik di bidang UKM. Ini sangat penting karena dengan kerjasama dibidang UKM ini , UKM - UKM di Indonesia bisa tumbuh dengan baik mendapatkan pengalaman di dalam pemasaran dan penjualan, dengan demikian akan lebih menggerakkan lagi UKM di Indonesia, “ jelas SBY.

Presiden SBY juga mengungkapkan pentingnya peranan Swiss bagi Indonesia.� Swiss adalah partner yang sangat penting bagi Indonesia. Dewasa ini ada 75 perusahaan Swiss yang mempekerjakan sekitar 60.000 tenaga kerja Indonesia, “ kata SBY.
Kerjasama pendidikan kedua negara juga menjadi perhatian kedua pemimpin. Kedua negara sepakat untuk melanjutkan kerjasama pendidikan yang sudah berjalan selama ini. “Kerjasama di bidang pendidikan kita sepakati untuk dilanjutkan. Pemerintah Swiss memberikan beasiswa pada mahasiswa Indonesia untuk belajar di Swiss, kita pun memberikan beasiswa mahasiswa Swiss untuk belajar di Indonesia, khususnya pada budaya dan bahasa Indonesia, “ kata SBY lagi.

Selain masalah hubungan bilateral kedua negara, kedua pemimpin juga membahas mengenai interfaith dialog dan masalah – masalah internasional. “Kita juga membahas mengenai interfaith dialog, dialog antar agama kepercayaan peradaban, dan kami berdua sepakat terus berkontribusi dalam upaya untuk membangun saling pemahaman dan pengertian antar berbagai komponen yang berbeda identitas itu.Kami bertukar pikiran tentang masalah global, perkembangan di Timur Tengah, Palestina, Lebanon, Irak, Korea, dan tempat – tempat lain, bagaimana kita bisa berkontribusi untuk sebuah penyelesaian terbaik, sesuai dengan cita – cita kita dunia yang adil dan damai, “ kata SBY.

Tak lupa Presiden SBY mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Micheline Calmy – Rey sebagai Presiden Konfederasi Swiss. Demikian juga Presiden menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan pemerintah dan rakyat Swiss untuk bantuan kemanusiaan yang telah diberikan kepada Indonesia. “Kami juga mengucapkan selamat atas terpilihnya Madame Calmy Rey sebagai Presiden Konfederasi Swiss, dan di bawah kepemimpinan beliau saya yakin Swiss akan tambah maju dan hubungan bilateral kita akan bertambah kuat. Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Swiss atas bantuan kemanusiaan untuk Aceh setelah tsunami, Jogja setelah gempa dan bantuan untuk banjir di Jakarta beberapa hari lalu, “ kata SBY.

 

Sumber : http://www.presidensby.info/index.php/fokus/2007/02/08/1559.html

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           4           2