Sambutan Presiden Joko Widodo pada Groundbreaking Kantor BPJS Ketenagakerjaan

 
bagikan berita ke :

Kamis, 02 November 2023
Di baca 679 kali

di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur


Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Gubernur Provinsi Kalimantan Timu,  beserta Bupati PPU;
Yang saya hormati Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Bapak Anggoro Eko Cahyo, beserta seluruh jajaran direksi dan komisaris;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

 

Telah kita lakukan peletakan batu pertama sejak tiga bulan yang lalu lima hotel; bintang 5 empat, bintang 1 satu. Rumah sakit, empat rumah sakit. Karena ini sering ditanyakan oleh warga, oleh masyarakat yang ingin pindah ke IKN, “Pak, ada rumah sakitnya ndak kalau anak saya nanti sakit?” Ada, baru proses pengerjaan empat rumah sakit. “Pak, kalau saudara kita ke Nusantara ada hotelnya, ndak?” Ada, sudah dimulai empat hotel, bintang tadi bintang 5 empat, bintang 4 satu.

 

“Pak, sekolahnya yang berkualitas ada tidak?’ Ada, kemarin sudah kita lakukan peletakan batu pertama Nusantara Intercultural School yang akan dibangun oleh JIS Jakarta. Artinya, anak kita bisa mendapatkan sekolah apabila pindah ke Nusantara. “Pak, pengin sepak bola.” Sudah ada training center-nya PSSI, ada delapan lapangan. Masih kurang delapan lapangan? Delapan lapangan, sudah ada. Dan, hari ini kita kembali melakukan peletakan batu pertama/groundbreaking untuk pembangunan Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Ibu Kota Nusantara.

 

Ini akan menambah fasilitas layanan yang ada di IKN. Tadi rumah sakit ada, sekolah ada, hotel ada, mal dan apartemen ada, kantor Bank Indonesia tadi pagi sudah juga, yang didukung oleh juga nantinya tol antara Balikpapan ke Nusantara. Yang sekarang kita muter 2 jam 15 menit, kadang-kadang hampir 2,5 jam, nanti hanya 45 menit langsung Balikpapan-Nusantara. Bandara juga kemarin sudah dilakukan peletakan batu pertama. Turun kalau di Balikpapan berarti naik mobil ke sini 45 menit, kalau turun langsung di Nusantara ke sini kira-kira 18 menit. Terserah pilih yang mana.

 

Yang jelas, keberadaan kantor BPJS Ketenagakerjaan ini akan menambah lengkap fasilitas layanan masyarakat di IKN, menambah keyakinan masyarakat agar tidak ragu-ragu lagi tinggal di IKN karena sudah ada perlindungan jaminan sosialnya dari BPJS. Perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan sangat penting agar pekerja, para pekerja terlindungi dari berbagai risiko, baik risiko sosial maupun risiko ekonomi. Apalagi saat ini di IKN sedang berlangsung banyak kegiatan pembangunan yang dilakukan secara serentak di berbagai proyek, yang melibatkan banyak tenaga kerja.

 

Tadi Pak Dirut bisik-bisik ke saya, “Pak, yang bekerja di Nusantara sudah masuk ke BPJS Ketenagakerjaan semuanya.” Saya kira sangat bagus kalau, kita tidak berharap ada kecelakaan, tetapi kalau ada, sudah ada yang melindunginya, yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

 

Itu saja yang ingin saya sampaikan. Dan dengan membaca bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini peletakan batu pertama/groundbreaking Kantor BPJS Ketenagakerjaan secara resmi saya nyatakan dimulai.

 

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 




Sumber: https://setkab.go.id/groundbreaking-kantor-bpjs-ketenagakerjaan-di-kabupaten-penajam-paser-utara-provinsi-kalimantan-timur-2-november-2023/