Sambutan Presiden Joko Widodo pada Groundbreaking PLN Hub

 
bagikan berita ke :

Rabu, 05 Juni 2024
Di baca 417 kali

 

di Kawasan Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur


Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati para menteri, Panglima TNI, Pak Wamen ATR/BPN;
Yang saya hormati Kepala Otorita IKN beserta Wakil Kepala Otorita IKN, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur;
Panglima TNI yang saya hormati, yang juga hadir bersama kita, Direktur Utama beserta seluruh jajaran direksi dan manajemen PT PLN;
Hadirin dan undangan yang berbahagia.

 

Sudah sering saya sampaikan bahwa investasi di Ibu Kota Nusantara ini adalah membeli masa depan, karena kita ingin melakukan transformasi ekonomi, karena memang ekonomi global ini sekarang berubah tanpa arah yang jelas, tanpa kepastian yang pasti. Semuanya berubah dan itu semua harus diantisipasi. Dan, setiap ada investor, investasi, yang ingin masuk ke Indonesia, baik data center, selalu yang ditanyakan energi hijaunya ada atau tidak. Ada orang ingin masuk lagi, ingin membangun industri aluminium, selalu yang ditanyakan adalah, “Bapak bisa menyediakan energi hijau atau tidak?”

 

Padahal kekuatan dan potensi energi kita sangat besar sekali untuk energi hijaunya. Hydropower, kita memiliki 4.400 sungai. Misalnya di Kayan, Sungai Kayan itu bisa menghasilkan 11.000-13.000 megawatt, Sungai Mamberamo bisa menghasilkan 23.000 megawatt. Itu yang gede-gede. Yang sedang, yang kecil-kecil banyak sekali yang bisa kita lakukan, seperti tadi yang disampaikan oleh Pak Dirut.

 

Sekali lagi, semua menanyakan mengenai energi hijaunya ada atau tidak. Enggak ada lagi yang menanyakan saya mau pakai PLTU dari batu bara, ndak. Selalu pertanyaannya ini geotermal, apakah ini hydropower, apakah ini dari angin, dan kekuatan besar itu ada di negara kita. Inilah yang ingin kita gunakan. Jadi, saya sangat menghargai sekali dibangunnya PLN Hub yang nanti akan mengumpulkan semua stakeholders, mitra yang berhubungan dengan PT PLN.

 

Dan, kita harapkan terjadi perubahan mindset kita semuanya, karena di Ibu Kota Nusantara juga saya sudah sampaikan, 100 persen harus memakai energi hijau. Entah dari solar panel yang sekarang ini dilakukan oleh PT PLN, juga hydropower mungkin enggak tahu dari Mahakam atau dari yang lain, dan bisa juga mungkin dari angin, dan lain-lainnya.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini Peletakan Batu Pertama/Groundbreaking PLN Hub sebagai smart electricity, telecommunication, and digital center, secara resmi saya nyatakan dimulai.

 

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/groundbreaking-pln-hub-di-kawasan-ibu-kota-nusantara-kabupaten-penajam-paser-utara-provinsi-kalimantan-timur-5-juni-2024-2/