Sambutan Presiden Joko Widodo pada Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-26 ASEAN Plus Three

 
bagikan berita ke :

Rabu, 06 September 2023
Di baca 235 kali

di Jakarta Convention Center (JCC), Provinsi DKI Jakarta

 

Sri Baginda, Yang Mulia para pemimpin ASEAN Plus Three,

 

Selama lebih dari dua dekade, ASEAN Plus Three telah membuahkan banyak hasil dan menjadi motor pertumbuhan di kawasan. Namun, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Kita harus terus membuka dan menciptakan peluang-peluang kerja sama baru, di mana pembangunan ekonomi hijau jadi salah satu prioritas ke depan.

 

ASEAN sangat menghargai dukungan RRT, Jepang, dan Republik Korea untuk pengembangan ekosistem EV baterai dan ASEAN-Indo-Pacific Forum. Ini penting bagi kemajuan dan pertumbuhan kawasan.

 

Namun demikian, tujuan tersebut pasti akan terganggu jika perdamaian dan stabilitas di kawasan tidak mampu kita jaga. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk memiliki rasa yang sama, memiliki kesadaran yang sama, untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dengan terus menghormati hukum internasional.

 

Demikian dari saya. Dan, dengan ini saya nyatakan KTT ke-26 ASEAN Plus Three dibuka.

 

Selanjutnya saya mengundang Yang Mulia Yoon Suk Yeol, Presiden Republik Korea, selaku koordinator Plus Three untuk menyampaikan pidato pembukaannya.

 

Yang Mulia, saya persilakan.

 



Sumber: https://setkab.go.id/pembukaan-konferensi-tingkat-tinggi-ktt-ke-26-asean-plus-three-di-jakarta-convention-center-jcc-provinsi-dki-jakarta-6-september-2023/