Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Bandar Udara Mentawai

 
bagikan berita ke :

Rabu, 25 Oktober 2023
Di baca 407 kali

 

di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat


 

Bismillahirrahmanirrahim.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Shallom.

 

Yang saya hormati Menteri Perhubungan, Kepala Staf Kepresidenan, Gubernur Sumatra Barat, Bupati Mentawai, seluruh forkopimda yang hadir, para tokoh masyarakat, hadirin dan undangan berbahagia.

 

Alhamdulillah hari ini kita segera akan meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di tanah air. Bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot, Sipora, yang panjang runway-nya hanya 850 meter, hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna yang kapasitasnya hanya 12 orang. Sekarang dengan adanya bandara baru, panjang runway-nya 1.500 meter dengan lebar 30 meter, dan pesawat ATR sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai saat ini.

 

Kita harapkan dengan bisa turun pesawat ATR, kita harapkan turis akan semakin banyak ke Pulau Mentawai, utamanya yang senang surfing. Tadi saya sudah menyampaikan ke Menteri Perhubungan, jangan hanya Cessna yang datang ke sini tapi ATR mestinya sudah harus segera didatangkan ke Pulau Mentawai karena sekali angkut bisa 78, sebelumnya Cessna hanya 12, sekarang bisa kalau ATR 78. Tadi saya coba dengan pesawat yang gede ini, tadi juga mendaratnya sangat mulus dan tidak ada masalah.

 

Saya harap dengan beroperasinya bandara ini, mobilitas masyarakat akan semakin mudah, potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi, sehingga kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang. Dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing nanti juga bisa langsung mendarat, baik di Padang maupun di Pulau Mentawai.

 

Saya yakin dengan semakin terbukanya akses suatu daerah, konektivitas yang semakin baik, masyarakat akan mendapatkan multiplier effect yang besar dan kesempatan untuk mengembangkan usaha-usaha barunya. Dan, ini yang kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan kita semuanya.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan, dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan Bandar Udara Mentawai di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatra Barat. Terima kasih.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 


Sumber: https://setkab.go.id/peresmian-bandar-udara-mentawai-di-kabupaten-kepulauan-mentawai-provinsi-sumatra-barat-25-oktober-2023/