Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Modeling Kawasan Tambak Budi Daya Ikan Nila Salin di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat

 
bagikan berita ke :

Rabu, 08 Mei 2024
Di baca 459 kali

di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat


Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

 

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Tadi sudah disampaikan oleh Menteri KKP kepada saya mengenai tambak udang di Pantura yang telah lama kosong, idle, tidak ada kegiatannya di sana, ada 78 ribu hektare sepanjang dari Serang sampai Banyuwangi, dari Banten-Jawa Tengah-Jawa Timur, Tujuh puluh delapan ribu [hektare] tambak yang idle.

 

Yang akan kita siapkan, karena kalau untuk tambak udang sudah enggak mungkin lagi dan yang paling mungkin sekarang ini adalah ikan nila, dipakai untuk tambak ikan nila, yang memiliki demand pasar dunia yang sangat besar sekali. Tahun 2024 saja USD14,4 miliar, berarti kurang lebih berapa itu, Rp230-an triliun, sangat gede sekali. Oleh sebab itu, besarnya permintaan ini harus kita manfaatkan. Tetapi juga, jangan langsung membuat yang gede. Saya setuju bahwa dibuat model dulu, ada modelingnya dulu. Kalau modellingnya sudah benar, yang diinfokan ke saya dari yang biasanya satu hektare hanya 0,6 ton per hektare menjadi 80-an ton per hektare.

 

Dan, ini nanti akan bisa mengangkut, membuka lapangan kerja yang sangat besar sekali. Tadi disampaikan oleh Menteri dan Pak Dirjen, 78 ribu hektare itu kira-kira butuh berapa anggarannya, sudah dikalkulasi kira-kira Rp13 triliun. Saya bilang kalau Rp13 triliun dari Banten sampai ke Jawa Timur, dari Serang sampai Banyuwangi semuanya bisa dikerjakan, saya kira akan mengangkut tenaga kerja yang sangat gede sekali, membuka lapangan kerja yang sangat besar sekali. Saya kira Rp13 triliun bukan uang yang banyak.

 

Sehingga, nanti akan kita lihat ini dulu. Kemudian kalau memang sangat feasible, nanti akan saya siapkan di APBN 2025-2026 dan saya akan bisikin pada pemerintah baru, pada presiden terpilih, agar mimpi besar ini betul-betul bisa direalisasikan.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Modeling Kawasan Tambak Budi Daya Ikan Salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budi Daya di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

 

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/peresmian-modeling-kawasan-tambak-budi-daya-ikan-nila-salin-di-kabupaten-karawang-provinsi-jawa-barat-8-mei-2024/