Sambutan Presiden Joko Widodo pada Peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bandar Udara Sis Al-Jufri dan Beberapa Bandara Lainnya

 
bagikan berita ke :

Selasa, 26 Maret 2024
Di baca 629 kali

 

di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

 

Bapak-Ibu sekalian yang saya hormati,
Kita tahu beberapa tahun yang lalu di Palu terjadi gempa dan kita tahu kerusakan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri ini betul-betul sangat berat saat itu, runway-nya juga rusak, terminalnya juga rusak, sehingga kita lakukan rehabilitasi dan rekonstruksi, termasuk tiga bandara yang lainnya, baik yang berada di Sulawesi Tengah maupun di Sulawesi Utara.

 

Dan, kita saat gempa itu merasakan betapa sangat pentingnya sebuah airport, sebuah bandara, untuk mobilitas orang, penumpang, mobilitas logistik, mobilitas barang, semuanya menjadi terganggu. Sehingga, saat itu saya ingat, mau mengirim bantuan saja tidak bisa masuk. Karena apa? Bandaranya tidak bisa dipakai saat itu.

 

Pada siang hari ini, alhamdulillah setelah direkonstruksi, direhabilitasi, kita akan meresmikan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Kota Palu, Sulawesi Tengah ini, yang dibangun dengan anggaran yang tidak sedikit, yaitu Rp567 miliar. Dan, sekarang dengan panjang runway 2.510 [meter], lebar 45 [meter], ini bisa didarati oleh pesawat yang berbadan [sempit], narrow body, sehingga akan meningkatkan kecepatan mobilitas orang dan barang ke dan dari Sulawesi Tengah.

 

Selain itu juga, pada hari ini akan kita resmikan Bandara Banggai Laut di Kabupaten Banggai juga di Sulawesi Tengah, kemudian Bandara Bolaang Mongondow di Kabupaten Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, dan Bandara Taman Bung Karno di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Untuk Bandara Banggai Laut menghabiskan anggaran Rp276 miliar, Bandara Bolaang Mongondow Rp391 miliar, Bandara Taman Bung Karno Rp599 miliar. Kalau tadi saya melihat interior, arsitektur di dalam, saya kira sudah berubah semuanya dan makin cantik, semakin bagus, dan siap untuk kita gunakan.

 

Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan rehabilitasi, rekonstruksi, dan pembangunan Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri dan Bandara Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah, kemudian Bandara Taman Bung Karno dan Bandara Bolaang Mongondow di Provinsi Sulawesi Utara.

 

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/peresmian-rehabilitasi-dan-rekonstruksi-bandar-udara-sis-al-jufri-dan-beberapa-bandara-lainnya-di-kota-palu-provinsi-sulawesi-tengah-26-maret-2024/