Sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo Groundbreaking Bandar Udara IKN

 
bagikan berita ke :

Rabu, 01 November 2023
Di baca 284 kali

di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur


 

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati para Menteri, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Gubernur Kalimantan Timur, Ketua Komisi V DPR RI, Bupati Penajam Paser Utara, seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat yang hadir.

 

Bapak, Ibu hadirin dan undangan yang berbahagia.

Hari ini kita segera akan melakukan groundbreaking pembangunan Bandar Udara Ibu Kota Nusantara yang ditargetkan akan beroperasi penuh di bulan Desember 2024, tetapi sudah bisa dipakai nanti di bulan Juni 2024. Kehadiran bandara ini sangat penting mengingat semakin padatnya kegiatan di IKN, semakin banyaknya mobilitas orang dan juga barang dari dan menuju ke IKN. Dan Bandara IKN ini merupakan bandara khusus yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.

 

Bandara IKN ini memiliki luas 347 hektare dengan runway 3.000×45 meter dan dapat melayani pesawat berbadan lebar, ini penting. Dan juga dilengkapi dengan terminal seluas 7.350 meter persegi, sehingga penumpang dapat dilayani dengan nyaman dan baik. Dan bandara ini akan membuat kawasan IKN semakin terbuka, konektivitas semakin baik dan juga semakin mudah dijangkau dari manapun. Saya yakin Bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing IKN, competitiveness, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, dan mengakselerasi pembangunan IKN yang sedang kita proses.

 

Itu yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Dan dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini groundbreaking Bandar Udara Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai.

 

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/sambutan-presiden-republik-indonesia-joko-widodo-groundbreaking-bandar-udara-ikn-di-penajam-paser-utara-provinsi-kalimantan-timur-rabu-1-november-2023/