Sambutan Presiden Republik Indonesia pada Acara Groundbreaking Revitalisasi SD Negeri 020

 
bagikan berita ke :

Rabu, 01 November 2023
Di baca 704 kali

di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semua.

 

Yang saya hormati para Menteri, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur beserta Bupati Penajam Paser Utara (PPU).
Yang saya hormati Direktur Astra Ibu Gita Tiffany dan Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra, Bapak Gunawan Salim.


Bapak/Ibu sekalian, hadirin yang saya hormati. Anak-anakku semuanya yang saya cintai.

 

Banyak yang ingin pindah ke Ibu Kota Nusantara, baik ASN kita, baik juga masyarakat. Tetapi, selalu yang ditanyakan ‘Pak kalau saya pindah, anak saya sekolahnya dimana? SD-nya dimana? Kualitasnya seperti apa?’.

 

Nah, jawabannya sekarang ini, ada, yaitu di SD Negeri 020 Sepaku. Karena sebentar lagi akan di rehabilitasi, dibangun fasilitas oleh Yasasan Pendidikan Astra dan kita harapkan tadi saya tanya Ibu Gita, berapa bulan selesai? sepuluh bulan, nah, artinya nanti saya masih bisa kesini kalo sepuluh bulan, tapi kalo lepas sepuluh bulan, saya sudah pensiun. Dan, saya senang ini akan memperbaiki kualitas pendidikan tidak hanya di SD Negeri 020, tetapi kita juga sedang memperbaiki, merehabilitasi lima SD (Sekolah Dasar) yang lain sekitar Ibu Kota Nusantara.

 

Sehingga, nanti anak-anak kita semuanya bisa memiliki kualitas pendidikan yang baik dengan sarana prasarana yang kualitasnya juga baik dan kalau ada yang bertanya kepada saya lagi, ‘Dimana anak saya nanti yang kelas 2 ini pindah? Dimana anak saya yang kelas 5 ini pindah?’ jawabannya sudah ada, SD Negeri 020 Sepaku dan lima SD yang lainnya yang akan kita perbaiki kualitasnya.

 

Nah, sekarang saya mau tanya kepada anak-anak yang hafal pancasila tunjuk jari. Anak-anak hafal pancasila tunjuk jari, sini, itu yang belakang. Kalau bisa saya beri sepeda.

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Nama, nama dulu siapa namanya?

 

Murid SD (1)
Perkenalkan nama saya Dwi Alfiansyah

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Yuli alfiansyah?

 

Murid SD (1)
Dwi Alfiansyah, Dwi Alfiansyah

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Oh, Dwi Alfiansyah. Dwi, langsung. Pancasila satu.

 

Murid SD (1)
Pancasila satu, ketuhanan yang maha esa. Dua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, persatuan indonesia. Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Lima, keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Tenang, jawabannya seratus persen betul. Sepeda, ambil.
Masih ada satu hehehe, silakan dijawab. Yang tunjuk, yang bisa, ini untuk anak-anak, Bapak/Ibu jangan ada yang ikut. Untuk anak-anak lagi, ibu kota negara baru Indonesia namanya? Ayo, ini.

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Kenalkan namanya?

 

Murid SD (2)
Perkenalkan nama saya Kiano Daffa Pratama

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Siapa?

 

Murid SD (2)
Kiano Daffa Pratama

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Kiano Daffa Pratama, ya. Sekarang dijawab, ibu kota negara yang baru Indonesia namanya?

 

Murid SD (2)
Ibu Kota Nusantara

 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo
Sepedanya diambil.


Bapak/Ibu sekalian yang saya hormati, saya senang bahwa rehabilitasi SD Negeri 020 ini nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasana yang baik, ada ruang kelas, ada laboratorium IPA dan TIK, ada perpustakaan, ada teater, ada kantin, ada tempat baca, ada lapangan multifungsi, ada area hijau, ada konservasi embung, dan fasilitas pendukung lainnya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra semoga ini betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita.

 

Dan, dengan mengucap bismillahirrahmanirahim pada sore ini peletakkan batu pertama groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri 020 Sepaku secara resmi saya nyatakan dimulai.

 

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.




Sumber: https://setkab.go.id/sambutan-presiden-republik-indonesia-pada-acara-groundbreaking-revitalisasi-sd-negeri-020-rabu-1-november-2023/