Setneg X Selenggarakan Innovation Bootcamp

 
bagikan berita ke :

Kamis, 20 Januari 2022
Di baca 223 kali

Memasuki tahap final dari rangkaian acara Setneg X yang sebelumnya dilaksanakan secara online, Kamis (20/1), Panitia Penyelenggara Setneg X kali ini menggelar Innovation Bootcamp yang dilaksanakan secara offline di Aula Serbaguna Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Kementerian Sekretariat Negara (PPKASN Kemensetneg).

Dalam sambutannya Adi Pradana, Asisten Deputi Pengelola Bahan Kebijakan yang juga selaku Ketua Panitia Program Setneg X Batch 1 ini menerangkan Innovation Bootcamp ini dihadiri oleh 15 Tim. “Acara ini dihadiri pula oleh 15 Tim peserta yang sebelumnya telah menggeserkan para pendaftar sejumlah 252 Orang yang terbagi menjadi 58 Tim pada tahap inkubasi bersama mitra dan terpilih 15 Tim,” ujar Adi, sapaan akrabnya.

Adi menjelaskan tujuan Innovation Bootcamp dilaksanakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, agar peserta dapat lebih berinteraksi dan menyampaikan ide yang mereka miliki secara jelas serta dapat menampilkan secara sempurna ketika kelak para peserta dinilai oleh para juri.


Dalam acara ini diselenggarakan pula workshop tentang idea pitching and communication skills yang disampaikan oleh Founder & CEO DailySocial.id, Rama Mamuaya. Sebelum memasuki tahap penjurian, para innovator dibekali bagaimana cara menyampaikan ide dan menampilkan nya secara sempurna.

Rama Mamuaya menerangkan seberapa pentingnya komunikasi yang terstruktur dalam menyampaikan sebuah ide ataupun inovasi agar tersampaikan dengan baik kepada stakeholder yang dituju. Beliau pun menerangkan ada tiga faktor untuk membuat sebuah ide atau inovasi yang sukses. Pertama, ide yang bagus. Kedua, dieksekusi oleh tim yang bagus. Ketiga, di launch di saat yang tepat.

“Sebuah ide maupun inovasi bagus yang dimiliki tidak akan bisa diterima oleh masyarakat ketika timing nya tidak pas dan tim yang mengeksekusi kurang baik”, ucap Rama saat menerangkan strategi dalam merealisasikan sebuah ide.

Dengan diadakannya Innovation Bootcamp ini, diharapkan dapat diimplementasikan di Kemensetneg dan mendorong inovasi lainnya serta acara ini kelak akan diadakan kembali pada tahun tahun berikutnya. (SEL/ART-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
2           0           0           0           0