Siaran Pers: Kemensetneg Gelar Festival Indonesia Maju

 
bagikan berita ke :

Rabu, 21 Agustus 2019
Di baca 1547 kali

Rabu, 21 Agustus 2019, dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno, Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran, dan Koperasi Kemensetneg menggelar Festival Indonesia Maju. Festival ini akan dilaksanakan pada 22-25 Agustus 2019 di Plaza Sudirman, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

 

Festival Indonesia Maju merupakan bentuk penghargaan kepada karya-karya besar Presiden RI, mulai dari Soekarno hingga Joko Widodo, yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya untuk membangun negara Indonesia. Melalui rangkaian kegiatan ini, Kemensetneg berupaya untuk melestarikan dan mempublikasikan pemikiran, pencapaian, warisan, dan sisi humanis para presiden kepada masyarakat sebagai sumber inspirasi dan pengetahuan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme bagi generasi penerus perjuangan bangsa.

 

Festival Indonesia Maju terdiri atas 3 acara yaitu Pameran Aksara Lintas Masa Istana, Pesta Rakyat, dan Panggung Rakyat. Ketiga rangkaian kegiatan ini merupakan integrasi 3 aspek kehidupan masyarakat, yakni pendidikan, ekonomi, dan hiburan.

 

Pameran Aksara Lintas Masa Istana merupakan pameran yang bernilai kesejarahan, kebangsaan, dan informasi. Pameran akan dibagi menjadi 7 tema, yaitu:

  1. Foto Istana Kepresidenan sejak era Pemerintahan Kolonial Belanda s.d. terkini;
  2. Kegiatan Presiden di dalam Istana;
  3. Bakti Untuk Negeri yang berisi pencapaian yang diraih oleh para Presiden;
  4. Rajutan Sejarah GBK yang menginformasikan sejarah pembangunan GBK s.d. terkini;
  5. Bandara Kemayoran Membangun Peradaban berisi informasi mengenai sejarah Bandara Kemayoran s.d. terkini;
  6. Jamuan Untuk Kolega yang menginformasikan menu jamuan untuk tamu negara dan hobi/kesukaan para presiden; dan
  7. Humanis Sang Presiden yang berisi foto-foto mengenai kegiatan humanis para Presiden.

 

Pameran ini menampilkan berbagai jenis arsip yang terdiri atas +400 foto, 134 kertas, dan 10 film. Parade karya ini disuguhkan dalam bentuk instalasi seni yang menarik dan atraktif. Selain itu, pameran juga akan menampilkan beberapa quote, surat-surat, dan kartu ucapan presiden yang merupakan bukti nyata kinerja para presiden sebagai manusia-manusia unggul Indonesia.

 

Tak hanya melihat berbagai arsip kepresidenan, pengunjung dapat menikmati beberapa spot instagramable, seperti duduk di kursi makan kenegaraan dan seolah-olah merasakan sebagai tamu dalam jamuan makan kenegaraan. Pengunjung juga dapat melihat lukisan perkawinan adat Rusia yang merupakan lukisan bersejarah hadiah dari masyarakat Rusia kepada Presiden Soekarno. Kemudian yang juga tak kalah menarik adalah pengunjung dapat menikmati suasana Stadion Utama GBK dengan lintasan larinya serta berpose bersama tokoh kartun Tin-Tin dengan Menara ATC Bandar Udara Kemayoran.

 

 

Koleksi arsip kepresidenan baru pertama kali dipamerkan di luar lingkungan Kemensetneg pada Pameran Aksara Lintas Masa Istana. Kemensetneg sebelumnya telah 3 kali memamerkan arsipnya yaitu pada tahun 2016, 2017, dan 2018 di Aula Serba Guna Gedung 3 Lantai 1.

 

Sementara itu, kegiatan Pesta Rakyat akan diikuti oleh 20 pedagang yang akan menyajikan menu-menu makanan nusantara, tradisional, dan masa kini. Untuk pengunjung yang ingin menikmati hiburan, dapat menengok Panggung Rakyat yang akan menampilkan kesenian rakyat dan hiburan musik lainnya.

 

Festival Indonesia Maju ini akan dibuka Oleh Menteri Sekretaris Negara Bapak Pratikno, pada 22 Agustus 2019, di Plaza Sudirman GBK, pukul 09.00 WIB dengan target audiens ASN, sejarawan, para pelajar atau mahasiswa, dan masyarakat umum.

 

 

Jakarta, 21 Agustus 2019

 

Asisten Deputi Hubungan Masyarakat

 

Eddy Cahyono Sugiarto

 


Foto: GIE-Humas Kemensetneg

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0