Siaran Pers: Pameran Arsip “Semangat Membangun Negeri”, Saksi Sejarah Semangat Kerja Pemimpin Indonesia

 
bagikan berita ke :

Senin, 27 Agustus 2018
Di baca 222 kali

Senin pagi, 27 Agustus 2018, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) kembali menyelenggarakan pameran arsip bersejarah. Pameran yang mengangkat tema “Semangat Membangun Negeri” dibuka oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, mewakili Menteri Sekretaris Negara, Pratikno di Aula Serba Guna Gedung 3 Kemensetneg, Jalan Veteran No. 17-18, Jakarta.

 

Pameran arsip “Semangat Membangun Negeri” menampilkan parade karya terbaik putra bangsa mulai dari Presiden Sukarno sampai dengan Presiden Joko Widodo. Arsip yang dipamerkan merupakan koleksi Kementerian Sekretariat Negara dan ANRI, serta Arsip Nasional Serbia. Arsip akan dibagi menjadi 5 sub tema yaitu Semangat Olah Raga, Capaian Pembangunan, Semangat Dari Keluarga, Persatuan Dalam Keberagaman, dan Indonesia Mendunia. Arsip-arsip tersebut terdiri atas 230 ekspose arsip foto, 20 berkas arsip tekstual, dan arsip video tentang Asian Games, PON, GANEFO, dan olah raga tradisional sebanyak 19 judul.

 

Dalam sambutannya, Setya Utama menyampaikan bahwa arsip memiliki peranan yang esensial dalam hal keterbukaan akses informasi. Melalui pameran arsip, masyarakat akan mendapatkan informasi yang tepat dan benar mengenai sejarah. Arsip mengandung nilai pertanggungjawaban nasional sehingga mampu meng-counter informasi atau berita bohong/hoax.

 

Setya Utama berharap bahwa pameran arsip Kemensetneg dapat menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat untuk dapat menikmati, menghargai, dan mengapresiasi warisan sejarah yang bernilai tinggi.

 

Pameran arsip Kemensetneg yang terbuka untuk umum tersebut akan berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 27-31 Agustus 2018, mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

 

Tampak hadir dalam acara tersebut adalah Plh. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Haryono; Wakil Sekretaris Kabinet, Ratih Nurdiati; Kepala ANRI yang diwakili oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, M. Taufik;  Kepala Biro Tata Usaha Kemensetneg, Sari Harjanti; Duta Arsip, Rieke Dyah Pitaloka; dan pejabat Eselon I dan II Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Staf Presiden, dan Sekretariat Kabinet. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0