Siaran Pers: Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Akan Disemarakkan Berbagai Kegiatan Dengan Pelibatan Peran Aktif Masyarakat

 
bagikan berita ke :

Senin, 01 Agustus 2022
Di baca 164 kali

Siaran Pers: 02/SP/VIII/Humas/2022

 

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 menjadi perayaan yang semakin spesial karena bersamaan dengan momentum Presidensi Indonesia pada KTT G20.

 

Pemerintah telah menetapkan tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yakni “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

 

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera pada tahun 2022 kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena akan digelar lebih semarak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan tamu undangan yang terbatas. Selain Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri, dan Pejabat Tinggi TNI/Polri, tamu undangan juga melibatkan masyarakat umum secara terbatas.

 

Bagi masyarakat yang tidak berkesempatan untuk hadir secara langsung, tetap dapat mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Tahun 2022 secara virtual. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan tersebut dapat langsung mendaftarkan diri pada aplikasi dengan tautan: pandang.istanapresidenri.go.id. Sekretariat Presiden akan segera mempublikasikan setelah tautan tersebut siap diakses.

 

 


Foto: Humas Kemensetneg

 

Pada tahun ini, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas akan menggunakan formasi lengkap 17 – 8 – 45 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Prosesi kirab bendera pusaka dari Monumen Nasional ke Istana Merdeka juga akan kembali dilaksanakan.

 

Kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dapat menyesuaikan dalam pelaksanaan upacara dan diperbolehkan untuk merayakan kemeriahan dan semangat kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif yang semarak namun tetap memantau perkembangan pandemi di tiap daerah dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 

Rangkaian Acara Bulan Kemerdekaan akan dibuka dengan kegiatan bernuansa khidmat seperti Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka. Bulan Kemerdekaan juga diisi dengan agenda pokok kenegaraan rutin, yakni Pidato Kenegaraan, Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi, dan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.

 

Pada tahun 2022 ini, perayaan kemerdekaan juga dilengkapi dengan agenda penyemarak lainnya, seperti Pameran Mobil Kepresidenan, Arsip Kepresidenan, Hari Belanja Diskon, dan Festival ROAR (Rhapsody of the Archipelago) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang juga dalam rangka menyambut Presidensi Indonesia dalam G20.

 

Pameran Arsip Kepresidenan bertema “Indonesia Menjawab” akan memamerkan arsip berupa dokumentasi foto, video, dan dokumen lainnya. Selain itu, mobil kepresidenan yang pernah digunakan oleh para Presiden RI dari waktu ke waktu juga akan dipamerkan di halaman dan rooftop Gedung Sarinah, Jakarta.

 


Foto: Humas Kemensetneg

 

Untuk memeriahkan suasana HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, masyarakat diharapkan ikut menyemarakkan dengan berbagai kegiatan dan berpartisipasi aktif dengan memasang logo dan tema HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dengan menyematkan logo G20 serta turunannya di tempat-tempat umum, sarana prasarana transportasi, dan berbagai saluran media publikasi.

 

Masyarakat dapat terus memantau informasi berbagai kegiatan di Bulan Kemerdekaan Tahun 2022 melalui situs web dan media sosial Kementerian Sekretariat Negara. Adapun pedoman penyelenggaraan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 termasuk logo dan tema HUT RI beserta panduan visual bagi setiap kantor di instansi pusat, daerah, perwakilan RI di luar negeri dan masyarakat luas, dapat diunduh di situs web www.setneg.go.id.

 

 

 

 

Jakarta, 1 Agustus 2022
Kepala Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sekretariat Negara

 



Eddy Cahyono Sugiarto
Telp./Fax. 021 3849065
humas@setneg.go.id
 
Twitter: @KemensetnegRI
Instagram: @kemensetneg.ri
Facebook: @Kementerian Sekretariat Negara RI
Youtube: Kementerian Sekretariat Negara RI
Situs: www.setneg.go.id

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
15           0           0           1           1