Songsong KTT ASEAN 2023, Kemensetneg Pastikan Kesiapan Transportasi Pendukung di Labuan Bajo

 
bagikan berita ke :

Sabtu, 06 Mei 2023
Di baca 773 kali

Kementerian Sekretariat Negara brkolaborasi dengan pemerintah pusat dan daerah serta para mitra memastikan kesiapan transportasi pendukung KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyediakan kendaraan ramah lingkungan berupa mobil listrik bagi VVIP dan delegasi. Dukungan kendaraan listrik yang telah tiba sejak tanggal 2 Mei ini berasal dari mitra-mitra seperti BMW, Hyundai, Toyota, dan Wuling.

Terdapat total 245 kendaraan listrik dengan merek BMW iX (13 unit), Hyundai Ioniq5 (117 unit), Toyota BZ4X (65 unit) dan Wuling Air EV (50 unit) yang telah diterima Kemensetneg sebagai bentuk dukungan pinjam pakai dari mitra kerja sama selama perhelatan KTT ASEAN 2023 berlangsung di Labuan Bajo.

Selain kendaraan listrik roda empat, Kemensetneg juga menyiapkan 91 kendaraan listrik roda 2 untuk memudahkan fleksibiliitas dalam mendukung perhelatan KTT ASEAN 2023 berlangsung.

Tidak hanya itu, bagi para awak media yang meliput selama perhelatan KTT ASEAN 2023, juga disediakan kendaraan yang selalu siap untuk memudahkan mobilisasi para awak media dan tamu dalam berpindah-pindah lokasi. Shuttle tersebut terbagi menjadi dua zona, yaitu Media Center (Hotel Bintang Flores) - Venue KTT dan untuk zona Meeting Point (Bandara, Hotel) - Venue KTT.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) juga telah disiapkan Kemensetneg dengan dukungan PLN sebanyak kurang lebih 100 SPKLU di berbagai lokasi di Labuan Bajo yang terdiri atas SPKLU Fast Charging dan Home Charging.

Menariknya, Kemensetneg tidak hanya menyiapkan pengaturan kendaraan yang terkoordinir baik namun juga termasuk penyediaan pengemudi kendaraan listrik yang berasal dari masyarakat lokal Labuan Bajo sebagai wujud pelibatan masyarakat lokal yang telah diberikan pelatihan khusus (training) untuk pengoperasian kendaraan dan mekanisme charging

Dukungan pengaturan kendaraan listrik yang profesional seperti ini sehingga delegasi merasa nyaman dan aman merupakan bentuk peran serta aktif Kemensetneg dalam turut serta menyukseskan perhelatan internasional KTT ASEAN 2023 dengan memaksimalkan kendaraan ramah lingkungan.

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0