Tantangan Pendidikan Secara Daring di Perguruan Tinggi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 21 Juli 2020
Di baca 73 kali

Jakarta, wapresri.go.id – Pendidikan berbasis teknologi dan aplikasi secara daring memiliki tantangan tersendiri. Karena, selain memerlukan cara untuk meraih partisipasi dari peserta didik, diperlukan juga cara yang menarik dalam penyampaian materi pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dari para pengajar untuk keluar dari gaya pembelajaran konvensional dan lebih inovatif dalam menyiapkan materi serta mekanisme pembelajaran.

 

“Diperlukan pemanfaatan potensi teknologi yang ada untuk membantu pelaksanaan pembelajaran. Disisi lain, mahasiswa juga dituntut harus lebih mandiri. Mahasiswa harus dapat memanfaatkan seluruh sumber pengetahuan untuk melengkapi proses pembelajaran jarak jauh ini,” ujar Wakil Presiden (Wapres), K. H. Maruf Amin pada acara Dies Natalis Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melalui video conference dari kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (21/07/2020).

 

Sekalipun terdapat banyak tantangan, lanjut Wapres, pembelajaran secara daring sesungguhnya memberikan keuntungan antar perguruan tinggi dalam melakukan sinergi yang saling menguatkan.

 

“Dengan penggunaan teknologi, sumber pengetahuan tidak lagi menjadi terbatas,” terangnya.

 

Namun demikian, Wapres berpesan bahwa dalam pelaksanaan metode pembelajaran secara daring ini agar jangan ada penyimpangan yang terjadi, salah satunya dengan menurunkan kualitas pendidikan dan pembelajaran melalui metode pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik.

 

“Tidak boleh ada excuse [alasan] terhadap kualitas, baik kualitas pembelajaran maupun pengujian. Mahasiswa harus tetap bisa diuji dengan standar yang sama dengan pembelajaran konvensional sehingga kualitas pembelajaran dan lulusan program studi ini tetap dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan,” pungkasnya. (RN, KIP – Setwapres)

 

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0