Terima GIFA Advocacy Award 2020, KNEKS Wujudkan Indonesia sebagai Global-hub Ekonomi Syariah dan Industri Halal Dunia

 
bagikan berita ke :

Senin, 14 September 2020
Di baca 26 kali

Jakarta, wapresri.go.id – Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin mewakili Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menerima penghargaan Global Islamic Finance Awards (GIFA) Advocacy Award 2020 melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Senin (14/09/2020).

Pada acara yang diselenggarakan secara langsung di Islamabad, Pakistan, Wapres selaku Ketua Harian KNEKS menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan. Hal ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan dan tantangan GIFA kepada Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif terhadap kemajuan ekonomi dan keuangan syariah, serta perekonomian global.

“Atas nama KNEKS dan Pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan GIFA Awards Committee atas penghargaan ini. Kami menerima ini sebagai sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global-hub Ekonomi Syariah dan industri halal dunia, serta memberikan dampak pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber ekonomi baru pasca pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia,” ungkap Wapres.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, penghargaan tersebut merupakan capaian bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan syariah nasional, yang mendapat dukungan dan komitmen politik dari pemimpin tertinggi di Indonesia.

“Khusus bagi KNEKS, penghargaan ini menjadi motivasi atas pentingnya peran KNEKS dalam membantu mempercepat, memperluas, dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” ujarnya.

Wapres pun menjelaskan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda dengan negara lain karena menjadi salah satu pilar ketahanan ekonomi nasional yang bersinergi dengan pengembangan ekonomi konvensional. Di samping itu, visi pengembangannya juga diletakkan sebagai sebuah pilihan rasional dan inklusif supaya ekonomi dan keuangan syariah menjadi rahmatan-lil-alamin bagi semua golongan tanpa memandang perbedaan.

“Saat ini, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yang secara kelembagaan dijalankan oleh KNEKS fokus pada empat hal yaitu, pertama, pengembangan industri produk halal, yang kedua pengembangan industri keuangan syariah, yang ketiga optimalisasi zakat, infak sedekah dan wakaf (ZISWAF), dan penguatan peran Institusi Keuangan Mikro Syariah. Dan yang keempat penumbuhan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha bisnis syariah skala UMKM,” jelas Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pakistan dan GIFA Awards Committee yang telah menyukseskan penyelanggaraan GIFA 2020. Ia juga mengajak para pemimpin negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk saling menguatkan kerja sama dalam memulihkan kembali ekonomi dunia melalui penguatan industri halal dan keuangan syariah, serta keuangan sosial syariah.

“Mari kita bangun kembali dengan lebih baik pasca pandemi Covid-19 ini,” pungkas Wapres.

Sebagai informasi, GIFA Awards juga telah memberikan beberapa penghargaan kepada Indonesia, di antaranya penghargaan GIFA Leadership Award 2016 kepada Presiden Joko Widodo, serta GIFA Lifetime Award 2016 kepada K. H. Ma’ruf Amin selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI). Pada 2019, Indonesia juga meraih peringkat pertama pengembangan keuangan syariah. Di samping itu, beberapa pelaku ekonomi dan keuangan syariah juga telah mendapatkan penghargaan GIFA Awards, seperti Bank Indonesia, BAZNAS, Bursa Efek Indonesia (IDX), Penerbit SBSN Indonesia dan berbagai lembaga jasa keuangan syariah.

Hadir dalam acara tersebut Presiden Republik Islam Pakistan Dr. Arif Alvi, Chairman GIFA Awards Committee Prof. Dr. Humayon Dar dan Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo. (SM/AF/SK-KIP, Setwapres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0