Tim Biro GTK Kemensetneg Lakukan Verifikasi Lapangan Usulan Tanda Kehormatan di Kabupaten Sumbawa Barat

 
bagikan berita ke :

Senin, 06 Mei 2024
Di baca 234 kali

Senin (6/5) Tim Verifikasi Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, Sekretariat Militer Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Setmilpres Kemensetneg) melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Sumbawa Barat. Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 5 s.d. 8 Mei 2024 dilakukan untuk melakukan verifikasi pengusulan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) kepada Bupati Sumbawa Barat Musyafirin. Dalam kesempatan tersebut, Tim Verifikasi Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dipimpin oleh Laksma Bayu Trikuncoro selaku Kepala Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan yang didampingi perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat.

 

Laksma Bayu Trikuncoro menyampaikan dalam sambutannya bahwa Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Kemensetneg setiap tahunnya mengeluarkan Gelar Tanda Kehormatan (GTK) sebanyak 340.000 hingga 400.000 GTK. Berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2009, yang berwewenang memberikan GTK yaitu Presiden. “Kami yang melakukan penilaian, menyetujui dan insyaallah presiden akan menandatangani Gelar Tanda Kehormatan tersebut”, ujar Bayu.

 

Bayu menambahkan bahwa untuk mengikuti proses verifikasi penerimaan penghargaan tersebut persyaratan umumnya harus mendapatkan persetujuan dari empat lembaga yaitu Kejaksaan Agung, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepolisian, dan Sumbawa Barat sudah mendapatkan persetujuan tersebut. “Jika nantinya yang mendapatkan GTK melakukan pelanggaran maka GTK akan dicabut karena untuk menjaga marwah, dan GTK ini didapat sekali dalam seumur hidup,” pungkas Bayu.

 

Sementara itu, Plt. Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Niken Akhirini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Bupati Sumbawa Barat atas kinerja penurunan angka stunting. Niken berharap dengan adanya verifikasi penerimaan penghargaan Satyalancana Wira Karya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. “Insyaallah kami mendukung Kabupaten Sumbawa Barat untuk mendapat penghargaan tersebut,” ucap Niken.

 

Agenda utama kegiatan verifikasi pengusulan GTK di Kabupaten Sumbawa Barat yaitu mendengarkan paparan dari calon penerima tanda kehormatan di Ruang Pertemuan Graha Fitrah, Kabupaten Sumbawa Barat serta kunjungan lapangan. Setelah pemaparan, Tim Verifikasi Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan kemudian melakukan pendalaman materi dengan menyampaikan berbagai pertanyaan kepada calon penerima penghargaan terkait dengan pengajuan inovasi yang diajukan. Dalam sesi ini, berbagai pihak yang terlibat di dalam program penuntasan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di lapangan yang menjadi program unggulan dari calon penerima tersebut juga turut menyuarakan opininya.

 


Foto: Biro GTK Setmilpres

 

Sementara itu, kunjungan lapangan ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan diperlukan untuk mengumpulkan data serta mendengarkan kesaksian dari para penerima manfaat atas prestasi/jasa yang telah dilakukan oleh calon penerima usulan Satyalancana Wira Karya tersebut. Hal ini dilakukan untuk membandingkan antara prestasi/jasa yang disampaikan apakah sesuai dengan fakta lapangan atau tidak. Kunjungan lapangan ke Desa Kalimantong Kecamatan Brang Ene dan Desa Gowa Kecamatan Jereweh dipandu langsung Bupati Sumbawa Barat. (Mashluchi Sundjaya-Biro GTK, Setmilpres)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
3           0           0           0           0