Tingkatkan Kualitas Penanganan Pengaduan Pertanahan, Kemensetneg Gelar Diskusi dan Konsultasi Pakar Hukum Agraria

 
bagikan berita ke :

Rabu, 06 Maret 2019
Di baca 78 kali

 

Rabu (6/3), Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyelenggarakan Diskusi dan Konsultasi Pakar di Yogyakarta. Diskusi dan Konsultasi ini mengusung tema “Merumuskan Tata Kelola Pengawasan dan Pengakhiran Hak Atas Tanah”. Dengan menghadirkan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM), Nurhasan Ismail.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penanganan pengaduan masyarakat terkait sengketa/konflik pertanahan,” kata Hadi Nugroho selaku Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat.

Tingginya pengaduan pertanahan kepada Presiden RI, mendorong Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat menyelenggarakan kegiatan ini. Lemahnya pengendalian dan pengawasan hak atas tanah menjadi fokus diskusi dan konsultasi. Kondisi tersebut ditengarai menjadi penyebab banyaknya sengketa/konflik pertanahan di tengah masyarakat. Berbagai sengketa/konflik pertanahan didiskusikan untuk mendapatkan masukan dari pakar Hukum Agraria.

Diskusi dan konsultasi dengan pakar mengerucut pada mendesaknya peningkatan pengendalian dan pengawasan hak atas tanah. Penindakan merupakan keniscayaan, jika terdapat pemegang hak yang melanggar kewajiban pemanfaatan tanah, apalagi mengarah pada penelantaran.

Selain itu, pemerintah dipandang perlu menerbitkan regulasi yang mengatur ketentuan administratif pengakhiran hak atas tanah. Regulasi tersebut sangat dibutuhkan karena selama ini belum ada ketentuan yang secara jelas mengaturnya.

Di akhir kegiatan, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan, Dadan Wildan mengharapkan kegiatan Diskusi dan Konsultasi Pakar dapat terus berlanjut. Harapan ini timbul mengingat banyaknya manfaat yang bisa didapat bagi pelaksana penanganan pengaduan kepada Presiden RI. Tidak hanya dihadiri oleh pejabat/pegawai Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat, kegiatan ini juga dihadiri oleh mitra kerja di lingkugan Kementerian Sekretariat Negara. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0