Tingkatkan Prestasi Atlit, Pusat Pelatihan Harus Didukung dengan Sport Science dan Teknologi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 06 April 2021
Di baca 6 kali

Pariaman, wapresri.go.id – Indonesia telah menetapkan target peningkatan prestasi olah raga di ajang internasional, yaitu peringkat 30 besar Olimpiade Paris dan peringkat 40 besar Paralimpiade Paris, pada 2024. Sport Science dan pemanfaatan teknologi diyakini dapat mendukung potensi dan prestasi atlit.

 

“Sport Science dan pemanfaatan teknologi adalah dua elemen yang selama ini kurang mendapat perhatian dan sudah saatnya sekarang kita kembangkan dan tingkatkan. Jadi berolahraga menggunakan science, maka sport science juga dikembangkan,” tegas Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat meresmikan Gedung Labor Olahraga dan Gedung Sport Center Universitas Negeri Padang di Pasar Rakyat Kota Pariaman, Kelurahan Kampung Perak Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (06/04/2021).

 

Lebih jauh Wapres mengungkapkan, banyak negara maju yang telah membuktikan peningkatkan prestasi atlitnya dengan sport science. Indonesia pun diharapkan turut menerapkan sistem tersebut sehingga tidak tertinggal.

 

“Sesuai arahan Presiden, pusat pelatihan olah raga hendaknya dibangun berbasis sains dan teknologi untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan atlet Indonesia,” ungkapnya.

 

Menurut Wapres, jika kedua elemen tersebut dikembangkan, maka performa atlit juga meningkat. “Insya Allah, atlit-atlit kebanggaan Indonesia dapat mencapai target pemenangan yang telah ditetapkan dengan perencanaan, observasi dan evaluasi performa atlit yang dilakukan berdasarkan sport science dan didukung dengan kemajuan teknologi,”

 

Wapres pun mengimbau, sebagai lembaga pendidikan, Universitas Padang dapat mengambil peran mendukung kapasitas atlit Indonesia dengan melahirkan beragam penelitian ilmiah di bidang olahraga.

 

“Saya berharap Gedung Labor Olah Raga dan Sport Center Universitas Negeri Padang seyogianya dapat merevitalisasi pengetahuan dan penerapan sport science di Indonesia melalui berbagai penelitian ilmiah di bidang keolahragaan yang hasilnya bermanfaat untuk mendongkrak prestasi atlit tanah air,” pungkas Wapres. (EP/SK-BPMI, Setwapres)

Kategori :
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0