Dukung Transformasi Digital untuk Pejabat Pemerintahan, Kemensetneg Gelar Soft Launching SIAPP NV

 
bagikan berita ke :

Selasa, 22 November 2022
Di baca 118 kali

Bertempat di Gedung Krida Bhakti, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Biro Administrasi Pejabat Pemeritahan bekerja sama dengan PT Taspen (Persero) dan Bank Mandiri Taspen mengadakan kegiatan soft launching Sistem Informasi Administrasi Pejabat Pemerintahan New Version (SIAPP NV), Selasa (22/11).

Acara ini dihadiri oleh sebelas instansi yang akan menjadi pilot project untuk pengembangan aplikasi SIAPP New Version. Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur, Nanik Purwanti dalam sambutannya mengatakan pandemi covid 19 mengubah hubungan interaksi masyarakat untuk lebih adaptif dalam menggunakan teknologi terutama dalam dunia kerja.

“Akibat pandemic covid-19 mengubah hubungan interaksi masyarakat untuk lebih adaptif dalam menggunakan teknologi, serta memaksa dunia kerja untuk mempercepat tranformasi digital. Akibat dari pandemic covid-19 ini memunculkan pola kerja baru yang fleksibel, dengan pemanfaatan IT yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja,” tutur Nanik Purwanti.

Nanik menyebutkan bahwa upaya pemerintah dalam mendorong pemanfaatan tranformasi digital dengan melakukan pembangunan aplikasi SIAPP NV ini. Harapannya, dengan dibangun aplikasi SIAPP NV ini semakin memudahkan Biro APP dalam melaksanakan tugasnya, sekaligus memudahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menggunakan layanan ini.

“Dibangunnya aplikasi SIAPP ini, sebagai upaya pemerintah dalam mendorong pemanfaatan tranformasi digital di lingkungan lembaga pemerintah. Dengan harapan dibangunnya SIAPP NV, Maka pelayanan dalam pengusulan pengangkatan, pemberhentian, perpindahan, dan pembebasan dari jabatan fungsional, pemberian kenaikan pangkat dan pemberhentian pejabat pemerintah yang wewenangnya berada pada Presiden dapat dilakukan lebih baik. Serta, memudahkan biro app dalam melaksanakan tugasnya, sekaligus memudahkan aparatur sipil negara yang menggunakan layanan ini,” Kata Nanik Purwanti.


Sebelum dimulai penayangan video SIAPP New Version, Direktur Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi PT TASPEN (Persero), Ovita Susiana Rosya menyampaikan manfaat dari aplikasi SIAPP New Version adalah agar mempercepat proses pelayanan administrasi pejabat pemerintah. Dengan adanya SIAPP, integrasi antara SIAPP Setneg dan Taspen mempercepat proses pelayanan pembayaran manfaat kepada pejabat pemerintah.

“Semoga dengan implementasi SIAPP New Version, akan mempercepat proses pelayanan administrasi pejabat pemerintah secara digital di Lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan memudahkan integrasi dengan PT TASPEN (Persero) untuk menunjang pelayanan pensiun pejabat negara,” ujar Ovita Susiana Rosya.

Dalam kesempatan ini Kepala Biro Administrasi Pejabat Pemerintahan, Yanti Ariavianti menjelaskan kegunaan SIAPP NV, serta terdapat enam fitur layanan yang ada pada aplikasi ini. Dengan adanya SIAPP, segala urusan administrasi pejabat dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan tidak memakan waktu.

“Didalam fitur SIAPP, terdapat enam fitur yaitu pengangkatan dan pemberhentian fungsional ahli utama, kenaikan pangkat PNS, pemberhentian PNS, pengangkatan dan pemberhentian anggota LNS dan pejabat lainnya, dan pengangkatan staff khusus Menteri. SIAPP sudah terintegrasi oleh SIASN BKN dan aplikasi TOOS PT TASPEN (Persero). Oleh karena itu, pekerjaan di Biro administrasi pemerintahan menjadi lebih mudah,” ucap Yanti.

Kegiatan soft launching SIAPP NV ini juga dilengkapi dengan bimbingan teknis yang menghadirkan Pranata Komputer Ahli Muda, Aprilianti Maharani dan Analis Data dan Informasi, Benna Anggriawan. Kedua narasumber menjelaskan tentang penggunaan aplikasi SIAPP NV ini serta fitur yang ada di dalam aplikasi ini sehingga nantinya para PIC instansi  yang hadir akan semakin mengerti dan dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian hadiah yang disponsori oleh Bank Mandiri Taspen dan juga kuis interaktif berhadiah bagi para peserta yang hadir dari Kemensetneg dan PT TASPEN (Persero). (ABS, ART/Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0