Glorifikasikan Inovasi dan Pelayanan Informasi Publik, Kemensetneg Kunjungi PT Kereta Api Indonesia (Persero)

 
bagikan berita ke :

Jumat, 04 Oktober 2019
Di baca 3661 kali

Transformasi menuju smart governance institution menjadi kata kunci dalam terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Kemensetneg,   hal tersebut dilakukan dengan terus berinovasi  sehingga dapat menjadi teladan sebagai lembaga pemerintah yang bekerja secara efektif, efesien, bebas korupsi  dan berorientasi pada pelayanan prima. Upaya tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan glorifikasi terhadap berbagai inovasi yang telah dikembangkan guna mendapatkan umpan balik serta kolaborasi dengan berbagai pihak yang menjadi langkah strategis dalam terus berinovasi.

Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Asdep Humas), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Eddy Cahyono Sugiarto dan tim mengunjungi Kantor Pusat PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada Jumat (4/10)  kunjungan dimaksudkan sebagai ajang menglorifikasikan berbagai inovasi yang telah dilakukan Kemensetneg, sekaligus kolaborasi dalam mensinergikan diseminasi  program-progam kerja Kemensetneg secara khusus dan pemerintah pada umumnya.


Kunjungan kali ini dilakukan  ke PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara di bidang layanan transportasi darat, mengingat dalam meningkatkan layanan kepada pengguna jasa layanan transportasi darat PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuat berbagai inovasi yang bertujuan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna jasa layanan kereta api, hal ini sesuai dengan tagline PT Kereta Api Indonesia (Persero) yakni “Anda adalah Prioritas Kami”.

Saat ini pengguna layanan kereta api diberikan kemudahan dalam memperoleh tiket kereta api, pengguna jasa layanan kereta api dapat memperoleh tiket secara online, salah satu inovasi yang diluncurkan adalah aplikasi KAI Acces, dengan aplikasi tersebut pengguna jasa layanan dapat memperoleh ataupun melihat jadwal kereta api dimana pun dan kapan pun, pengguna jasa dapat melihat langsung dari gawai pintar masing-masing.

Selain memberikan peningkatan terhadap layanan pengguna jasa layanan kereta api, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menaruh perhatian penuh terhadap pengelolaan informasi publik hal ini terbukti pada tahun 2018, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendapat penghargaan Badan Publik Badan Usaha Milik Negara dengan Kualifikasi Informartif dari Komisi Informasi Pusat.

Dalam kesempatan diskusi  Asdep Humas Kemensetneg,  mengajak PT. KAI untuk berkolaborasi dalam membantu glorifikasi dan amplifikasi  kerja kerja pemerintah untuk menaburkan optimisme ditengah masyarakat, dengan mengisi ruang publik dengan informasi akan hal-hal positip, yang menunjukkan optimisme, kreativitas, dan keberhasilan kerja-kerja pemerintah, utamanya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.


“Kita  patut mengapresiasi berbagai langkah terobosan yang dilakukan PT KAI melalui berbagai  mengenai inovasi-inovasi yang telah dilakukan  dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, yang telah dirasakan manfaat nyatanya oleh pengguna jasa Kereta Api,  hal ini sejalan dengan transformasi yang dilakukan Kemensetneg sebagai lembaga pemerintah yang memberikan dukungan teknis, administrasi, dan analisis mendukung tugas Presiden dan Wakil Presiden, inovasi dan kreativitas  yang kita kembangkan memiliki nilai strategis ditengah upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Eddy.

Setali tiga uang, pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) memaparkan telah melakukan berbagai inovasi, inovasi yang dikembangkan telah membantu meningkatkan layanan pengguna jasa kereta api, pengguna jasa layanan kereta selalu menunjukkan peningkatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan beberapa reaktiviasi jalur kereta, hal ini karena tingginya permintaan masyarakat untuk menghidupkan kembali jalur-lalur yang lama mati, seperti jalur lintas Garut.


Dalam hal kenyamanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah merubah seluruh stasiun menjadi lebih modern, selain itu seluruh rangkaian kereta api saat ini telah dilengkapi pendingin udara baik itu kelas ekonomi maupun kelas eksekutif hal ini untuk memberikan warna baru serta memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa layanan kereta api, inovasi yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah banyak mendapatkan penghargaan baik nasional maunpun internasional.

Pada kesempatan ini Asdep Humas memperkenalkan layanan terbaru dari PPID Kemensetneg yang akan segera diluncurkan yaitu Aplikasi e-PPID Berbasis Android, apilkasi ini merupakan inovasi baru dari PPID Kemensetneg, tujuan e-PPID adalah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengetahui ataupun mengajukan permohonan informasi tentang Kemensetneg. (BA-Humas Kemensetneg)

 

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0