Harian Haluan Siap Berkolaborasi Dengan Kemensetneg Sukseskan KTT ASEAN 2023

 
bagikan berita ke :

Senin, 20 Maret 2023
Di baca 843 kali

Hanya hitungan hari, Indonesia tengah mempersiapkan perhelatan KTT ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan pada Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT. Untuk itu, Biro Humas Kementerian Sekretariat Negara (Humas Kemensetneg) melakukan penjajakan kolaborasi dengan berkunjung ke salah satu media lokal terbesar di Kota Padang, Sumatra Barat yakni Harian Haluan pada Senin (20/3). Tim Biro Humas Kemensetneg disambut hangat oleh Direktur Utama Haluan Media Grup (HMG) Muhamad Rayhan beserta jajaran di Ruang Rapat Harian Haluan.

Mengawali diskusi R. Efa Febryana selaku Pranata Humas Ahli Madya, mengucapkan terima kasih dan menyampaikan maksud dan tujuan mengunjungi Harian Haluan. Kegiatan media visit sudah secara rutin telah dilakukan Humas Kemensetneg dengan mengunjungi media lokal, baik nasional maupun yang sifatnya regional di daerah untuk mengetahui bagaimana informasi mengenai isu publik dan kebijakan pemerintah secara riil disampaikan oleh insan media kepada masyarakat.

“Program media visit bukan hanya upaya menjalin hubungan dengan sejumlah media nasional maupun daerah, tapi juga untuk menggali informasi terkait isu-isu kedaerahan. Secara khusus, Biro Humas Kemensetneg ingin melakukan kolaborasi dengan media lokal sebagai mitra yang cukup penting karena bersentuhan langsung dengan masyarakat lokal dalam rangka mengoptimalkan diseminasi informasi Keketuaan Indonesia pada KTT ASEAN 2023,” tutur Efa.

Lebih lanjut Akhmad Firmannamal selaku Pranata Humas Ahli Madya menjelaskan peran media sebagai partner untuk menyampaikan atau mendiseminasi informasi, baik itu spesifik tentang Kemensetneg ataupun informasi dengan skala program nasional.


“Saat ini konsentrasi Biro Humas Kemensetneg adalah amanat untuk memegang Keketuaan ASEAN 2023, harapannya untuk informasi seputar ASEAN akan ter-cover pada Harian Haluan,” terang Firman.

Firman juga menerangkan bahwa harapan dalam pertemuan kali ini agar memperoleh informasi secara langsung dari sumber utamanya dan komunikasi dapat berjalan cepat dengan media di daerah.

“Selain itu, dengan pertemuan ini kami membuka dengan lebar kepada media Harian Haluan untuk mendapatkan informasi langsung first hand dari kami. Sehingga jika sudah mendapatkan kontak antara kami dan media daerah, komunikasi bisa langsung berjalan cepat atau mungkin dari pihak Harian Haluan jika mempunyai potensi rencana program yang lain, kami sangat-sangat terbuka,” kata Firman.

Direktur Utama Haluan Media Grup (HMG) Muhamad Rayhan menyambut baik kunjungan dan inisiatif yang dilakukan oleh Biro Humas Kemensetneg ke Harian Haluan. Harian Haluan adalah Wali Songo media Indonesia, berdiri di tahun 1948. Pada awalnya Harian Haluan mempunyai tempat di tiga daerah, yakni Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

“Di era media modern saat ini, Harian Haluan menjadi media terbesar di Sumatra Barat karena didukung oleh SDM anak-anak muda, sehingga segalanya terasa lebih fleksibel dan cepat. Dibagian bisnis, Harian Haluan berkonsentrasi di ekosistem kreatif. Di Instagram Harian Haluan memiliki 182 ribu pengikut, Facebook 1,2 juta serta di media sosial lainnya seperti Tiktok, Twitter, dan Youtube. Oleh karena itu, dengan apa yang dimiliki Harian Haluan, untuk kolaborasi dan berbagi informasi dengan Kemensetneg siap menerima dengan tangan terbuka,” pungkas Rayhan.

Harian Haluan berfokus di newspaper (media cetak), hingga perubahan zaman Harian Haluan banyak bertranformasi ke online news. Hingga kini, Harian Haluan telah tersebar di seluruh Indonesia yakni Padang, Kalimantan Timur, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Medan hingga Aceh.


Kegiatan media visit ini merupakan rangkaian dari Setneg Mantul Goes to Campus Sumatra Barat yang dilaksanakan oleh jajaran Tim Biro Humas Kemensetneg. Kunjungan ke Harian Haluan ditutup dengan penyerahan cendera mata oleh Tim Biro Humas Kemensetneg dan sesi foto bersama. Turut hadir Redaktur Pelaksana Harianhaluan.com, Nova Anggraini; Manager Operasional Harianhaluan.com, Ika Primastuti Putri; dan Staf Pemasaran Harianhaluan.com, Nofriza Zainyar. (REF-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0