Pansel ORI Umumkan 298 Pendaftar Lulus Seleksi Administrasi

 
bagikan berita ke :

Selasa, 01 September 2020
Di baca 461 kali

Selasa (1/9), Ketua sekaligus Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Chandra M. Hamzah menyampaikan Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pendaftaran Calon Anggota ORI periode 2021-2026. Sejak dibukanya pendaftaran pada 27 Juli 2020 hingga 18 Agustus 2020 lalu, sebanyak 298 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi dari 464 orang yang mendaftar.

Melalui konferensi pers yang dilakukan secara virtual ini, Chandra juga menyampaikan terdapat enam orang pendaftar yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota ORI periode 2015-2020. “Dari 298 Calon Anggota Ombudsman periode 2021-2026 terdapat di antara para calon yang mendaftar adalah Anggota Ombudsman periode sekarang. Keenam orang itu adalah Adrianus Meliala, Ahmad Suadi, Alvin Lie, Dadan Suparjo Suharmawijaya, Laode Ida, dan Ninik Rahayu”.

Sejumlah 298 peserta lulus tahapan seleksi administrasi terdiri dari 268 laki-laki dan 30 perempuan yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia. Latar belakang pendidikan calon anggota bervariasi mulai S1 sampai S3 dengan berbagai profesi antara lain akademisi, praktisi, PNS, Lembaga Negara, BUMN/BUMD dan Swasta.


Kepada awak media yang diundang, Chandra mengungkapkan Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi wajib mengikuti tahap selanjutnya pada 15 September 2020 yaitu Seleksi Kualitas secara daring yang meliputi Objective Test dan Pembuatan Tulisan tentang topik yang ditentukan. Sebelumnya, peserta akan menerima penjelasan dalam technical meeting dari Pansel terkait ketentuan pelaksanaannya sesuai SOP pada 9, 10, dan 11 September 2020.

Ketua Pansel menjelaskan dari 298 orang yang lulus seleksi administrasi, akan disaring kandidat sebanyak 72 orang dengan nilai tertinggi akan diikutsertakan dalam proses seleksi berikutnya yaitu profile assesment test. Kemudian akan disaring lagi menjadi 36 peserta untuk mengikuti tes kesehatan dan wawancara.

“Alhamdulillah, tahapan pertama telah kita selesaikan dengan baik, jumlah pendaftarnya cukup banyak. Agak surprise buat Pansel karena sebarannya cukup merata dari Sabang sampai Merauke,” pungkas Chandra.


Untuk nama pendaftar yang lulus tahapan seleksi administrasi diumumkan mulai hari ini di website Kementerian Sekretariat Negara www.setneg.go.id. Pemilihan Anggota ORI oleh Pansel dilaksanakan sehubungan dengan masa jabatan Anggota ORI yang akan berakhir pada 11 Februari 2021 mendatang. Dalam konferensi pers daring ini turut bergabung  salah satu anggota pansel,  Juri  Ardiantoro. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           2