Siaran Pers: Menteri Sekretaris Negara: Revitalisasi Infrastruktur Kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta, Role Model Teknologi Modern Kelistrikan di Indonesia

Indonesia  | English
bagikan berita ke :

Selasa, 01 Agustus 2023
Di baca 3409 kali

Siaran Pers: 06/SP/VIII/Humas/2023

 

 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno meresmikan revitalisasi kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta di Powerhouse PLN Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, pada Selasa (01/08). Revitalisasi kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta merupakan hasil  kolaborasi antara Kementerian Sekretariat Negara dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

 

Revitalisasi sistem kelistrikan dilakukan agar dapat menyediakan kelistrikan Istana Kepresidenan yang tidak hanya lebih andal, aman, dan stabil, namun juga lebih ramah lingkungan demi mendukung kegiatan kenegaraan dan menjaga nama baik Indonesia di mata dunia.

 

Pratikno menyampaikan dalam sambutannya bahwa Istana Kepresidenan termasuk objek vital karena sering digunakan sebagai tempat menerima tamu negara, menjadi tempat penyimpanan dokumen-dokumen kenegaraan yang sangat-sangat penting, dan tempat penyimpanan koleksi karya dan benda seni yang tidak ternilai harganya.

 

“Jadi ini bukan hanya masalah listrik, ini juga masalah banyak hal, termasuk reputasi Indonesia di dunia internasional. Jadi kelihatannya masalah listrik, tetapi ini masalah yang sangat besar,” ungkap Pratikno.

 

Revitalisasi ini merupakan momentum bersejarah karena penataan ulang infrastruktur kelistrikan Istana pertama kali dilakukan sejak dibangun tahun 1960. Infrastruktur listrik istana yang sudah berusia 63 tahun dan belum pernah dilakukan pembaruan yang signifikan, serta peralatan gardu listrik yang usia pakainya sudah lebih dari 20 tahun hal inilah yang menjadi pertimbangan diperlukannya revitalisasi kelistrikan.

 


Foto: Kiki -  Humas Kemensetneg

 

Revitalisasi kelistrikan dilakukan dengan menerapkan teknologi baru dan modern yang telah tersertifikasi Renewable Energy Certificate sehingga dapat memberikan jaminan keandalan, keamanan, kestabilan, dan tingkat efisiensi pasokan yang lebih memadai. Selain itu, teknologi ini juga lebih ramah lingkungan (environment friendly), lebih hijau (green), dan lebih hemat.

 

Setelah revitalisasi, infrastruktur kelistrikan baru ini dapat menyediakan empat pasokan listrik secara aktif dalam waktu yang sama, genset dan UPS dapat memenuhi 100% kelistrikan di istana, dan sistem otomatisasinya dapat melingkupi tegangan menengah dan rendah serta sudah terdigitalisasi melalui SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition).

 

“Saya kira ini dapat menjadi model di mana nanti infrastruktur publik disiapkan juga dengan teknologi mutakhir untuk penyediaan kelistrikannya, dan juga untuk diterapkan pada kelistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ini adalah sebuah model prototipe baru dari infrastruktur kelistrikan modern yang nanti kita replicate, duplicate, bahkan kita lebih improve (perbaiki) lagi untuk IKN dan kota-kota utama, infrastruktur publik utama di Indonesia”, kata Pratikno.

 

Selain aspek kelistrikan, infrastruktur kelistrikan di Istana Kepresidenan didesain dengan pendekatan state of the art of technology yang disentralkan pada satu bangunan bawah tanah dan dikelilingi dengan taman yang asri, sehingga bukan hanya aman, kokoh, stabil, namun juga nyaman dan indah dipandang yang juga dapat digunakan sebagai public space atau green open space

 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Sekretaris Negara didampingi oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama; Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, dan Direktur Utama Nindya Karya Moeharmein Zein Chaniago menandatangani prasasti tanda peresmian revitalisasi kelistrikan Istana Kepresidenan Jakarta sekaligus meninjau Control Center Sistem Kelistrikan di Lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta.

 

 

 

Jakarta, 1 Agustus 2023

Kepala Biro Hubungan Masyarakat

Kementerian Sekretariat Negara

 
 

 

 


Eddy Cahyono Sugiarto

Telp./Fax. 021 3849065

humas@setneg.go.id*
 
Twitter: @KemensetnegRI

Instagram: @kemensetneg.ri

Facebook: @Kementerian Sekretariat Negara RI

Youtube: Kementerian Sekretariat Negara RI

Situs: www.setneg.go.id

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0