Diskusi Tentang Inovasi Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat, Kementerian PUPR Adakan Visitasi ke Kemensetneg

 
bagikan berita ke :

Selasa, 26 Februari 2019
Di baca 1924 kali

Selasa (26/2), Asisten Deputi Pengaduan Masyarakat (Asdep Dumas), Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menerima kunjungan dari peserta Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebanyak 30 peserta pelatihan diterima di Ruang Rapat Aspirasi Kemensetneg.

Kepala Balai Diklat PUPR Wilayah III Jakarta, Yunaldi berterima kasih atas kesempatan dapat menimba ilmu di Kemensetneg. “Kegiatan visitasi ke Kemensetneg ini merupakan salah satu agenda dalam pelatihan untuk peserta belajar menciptakan inovasi dan menyusun proyek perubahan,” ujar Yunaldi.

Dalam materi yang disampaikan Hadi Nugroho selaku Asdep Dumas, unit kerjanya terus berusaha meningkatkan kualitas penanganan terkait pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada Presiden dan/atau Menteri Sekretaris Negara sesuai Program Nawacita Presiden Jokowi yakni menghadirkan Negara dalam kehidupan bermasyarakat. Asdep Dumas yang sebelumnya secara umum hanya melakukan verifikasi, identifikasi, dan menyalurkan pengaduan masyarakat kepada instansi terkait, sejak 2016 berinovasi mencetuskan sistem Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat.

Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat menerapkan sistem observasi langsung. Dalam hal ini Asdep Dumas berinteraksi langsung dengan pengadu, pihak yang diadukan, maupun pihak instansi terkait. “Fungsi seperti Kantor Pos yang dahulu dilakukan Asdep Dumas kini telah berubah. Bentuk monitoring pengaduan telah menerapkan beberapa tahapan yaitu klarifikasi, mediasi, investigasi, dan mendorong instansi terkait untuk menindaklanjuti setiap pengaduan yang ditangani,” kata Hadi.

Dalam kurun waktu dua tahun pelaksanaan, Asdep Dumas telah berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 dari Kementerian PANRB. Saat ini, Asdep Dumas juga mulai melakukan penunjukan kepada beberapa instansi terkait untuk menjadi Focal Point yakni instansi yang akan berkoordinasi dengan pihak-pihak tertentu guna menangani pengaduan masyarakat yang disampaikan oleh Kemensetneg.

Beberapa peserta terlihat antusias berdiskusi pada sesi tanya jawab yang dipandu Kepala Bidang Data, Evaluasi, dan Pelaporan, Yane Widayanti. Setelah acara selesai, Asdep Dumas dan Kepala Balai Diklat PUPR saling bertukar cinderamata yang dilanjutkan dengan foto bersama.

“Ternyata inovasi tidak sebagai Teknologi Informasi Komunikasi, melalui mekanisme metode sederhana dari Monitoring Penanganan Pengaduan Masyarakat dengan identifikasi masalah, mediasi (mempertemukan pihak-pihak terkait), bahkan mencari solusi atas permasalahan. Saya senang ikut visitasi ini, hal simpel bisa jadi inovasi juga,” pungkas Marcelina, salah satu peserta kunjungan dari Badan Pengembangan SDM Kementerian PUPR. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           1           0           1           0