Dukung Akselerasi Kampus Merdeka, Kemensetneg Kolaborasi Dengan Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC”

 
bagikan berita ke :

Senin, 21 Juni 2021
Di baca 387 kali

Sumber Daya Manusia  Unggul telah menjadi salah satu pilar pendukung Indonesia Maju sebagaimana yang berulangkali  disampaikan oleh  Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan.

Sdm Unggul  ini akan diwujudkan dalam peningkatan aksesibilitas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia dengan bervisi pada Indonesia Emas 2045. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengimplementasikan hal itu dalam sebuah konsep pembelajaran bernama “Kampus Merdeka”, dimana para mahasiswa dapat mengasah kemampuan. Minat, dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai modal untuk menggapai masa depan yang cemerlang.

Sejalan dengan hal tersebut Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), sebagai institusi yang memberikan dukungan administratif, analisis, dan teknis kepada Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri Sekretaris Negara turut serta mendukung pencapaian SDM Unggul, utamanya dalam kegiatan “Kampus Merdeka” dengan berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan institusi pendidikan di seluruh Indonesia untuk magang di Kementerian Sekretariat Negara.

Kamis (17/6), Biro Hubungan Masyarakat (Biro Humas) Kemensetneg berkesempatan untuk mengunjungi Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” di Yogyakarta, Kegiatan kunjungan ini diselenggarakan sebagai upaya Kemensetneg dalam mendukung akselerasi kebijakan kampus merdeka dengan pengembangan blended model, virtual hybrid  sehingga tetap mengedepankan aspek  keamanan kesehatan pemagang dari potensi penularan Covid 19.

“Kolaborasi Kemensetneg dengan  MMTC dalam mengembangkan program magang  telah brrlangsung lama, termasuk dalam proses kerja magang yang di beberapa batch berasal dari MMTC. Jika boleh bercerita, beberapa konten kreatif yang diciptakan oleh Kemensetneg juga merupakan andil dari mahasiswa MMTC yang menjalankan praktik kerja magang di Kemensetneg. Kami sangat terbantu berkat kreativitas teman-teman magang, sebaliknya waktu magang di Kemensetneg diharapkan dapat membantu teman-teman untuk mengejar cita-cita di masa depan,” ujar Eddy Cahyono Sugiarto, Kepala Biro Humas Kemensetneg membuka kegiatan kunjungan.

Eddy juga menuturkan bahwa selama pandemi covid-19, kegiatan magang di Kemensetneg turut berhenti demi meminimalisir penularan covid-19. Namun, untuk mendukung   kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah, Kemensetneg mencoba untuk merancang cara baru dalam praktik kerja magang di suasana pandemi covid-19, dengan model hybrid, blended learning yang berbasis virtual.

Plt. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas, Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta, Andi Irfan Mastulen menyambut baik kesempatan kerja sama antara Kemensetneg dan Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta guna mengakselerasi kebijakan Kampus Merdeka. Langkah ini dapat menjadi momentum untuk membangun pendidikan indonesia dan proses integrasi antara kementerian dan perguruan tinggi.

“Kami menyambut baik langkah strategis ini untuk memperkuat hubungan antara kementerian dan perguruan tinggi. Kiranya kerja sama ini dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang dapat berkompetisi di masa depan.”

Eddy Giarto, Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan memuji kerja sama antara Kemensetneg dan Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta dalam bentuk dukungan sehingga pengembangan pendidikan di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

"Perguruan tinggi saat ini dituntut untuk dapat beradaptasi dengan kebijakan Kampus Merdeka, dimana para mahasiswa dapat melakukan praktik kerja magang selama maksimal satu setengah tahun,  ini  tantangan bagi kami untuk mengonversi kegiatan praktik kerja magang dengan  beradaptasi dan menciptakan suasana pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman," ungkap Eddy.

Eddy juga berharap meskipun saat ini Indonesia sedang dihadapkan pada pandemi covid-19, peluang mahasiswa untuk dapat memperoleh tempat-tempat magang tidak tertutup. Pandemi tidak menyurutkan niat dari pihak pemerintah, terutama kementerian untuk mau berkolaborasi dengan mahasiswa, walaupun kegiatannya akan dilakukan secara virtual.

Kegiatan kunjungan ini juga dihadiri oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik beserta jajaran dosen dari Sekolah Tinggi Multimedia “MMTC” Yogyakarta dan jajaran Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Sekretariat Negara. (Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0