Dukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Kemensetneg, DWP Selenggarakan Sosisalisasi AD ART DWP 2019-2024

 
bagikan berita ke :

Jumat, 16 Oktober 2020
Di baca 90 kali

Melalui daring, Jumat (16/10), Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan DWP Sekretariat Kabinet (Setkab) menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) Sosialisasi Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) DWP Masa Bakti 2019-2024 di Lingkungan Kemensetneg RI dan Setkab RI. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk menyinergikan AD dan ART DWP 2019-2024 dengan program kerja DWP Kemensetneg dan Setkab serta merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas peran DWP dalam mendukung suksesnya kinerja Pemerintah pada pelaksanaan pembangunan.

Dalam sambutannya, Penasihat DWP Kemensetneg, Siti Faridah Pratikno menyampaikan, “Saya berharap acara ini dapat makin mengakrabkan hubungan kekeluargaan di antara kita, serta menjadi akses untuk saling menyinergikan antara AD dan ART itu dengan program kerja DWP Kementerian Sekretariat Negara. Suksesnya program kerja itu insya allah menjadi bagian dari upaya bersama kita dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kementerian Sekretariat Negara”.


Kegiatan sosialisasi ini adalah wujud nyata dari semangat bersinergi yang ingin terus disuburkan oleh DWP Kemensetneg kepada pengurus DWP Pusat dan pengurus DWP di kementerian lainnya. Siti Faridah Pratikno juga menjelaskan beberapa hal baru yang tertuang pada AD dan ART DWP 2019-2024, bisa menjadi sumber referensi pada upaya peningkatan kapasitas pengetahuan bagi keluarga besar DWP Kemensetneg.

Sosialisasi yang dimoderatori salah satu pengurus DWP Kemensetneg, Irma Arfan ini  merupakan bagian dari respons positif pengurus DWP Kemensetneg dalam menyikapi dinamika penataan organisasinya agar selalu sesuai dengan kemajuan pembangunan. Di era pembangunan 4.0 yang ditandai dengan perubahan yang cepat sekarang ini, DWP Kemensetneg terus berusaha untuk bisa makin peka dalam menyikapi berbagai perubahan, termasuk perubahan dalam penataan organisasi.

“Kegiatan sosialisasi ini menjadi salah satu kegiatan penting organisasi agar seluruh anggota DWP memperoleh pemahaman yang baik terhadap AD dan ART Organisasi, mengingat AD dan ART telah mengalami banyak perubahan sesuai hasil Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV DWP tahun 2019 yang lalu,” ucap Ketua Umum DWP Pusat, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo saat membuka sosialisasi.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) yang telah ditetapkan pada Musyawarah Nasional (Munas) ke-IV DWP, Desember 2019 lalu, terkait pengembangan Sistem Teknologi Informasi (TI), manajemen DWP berbasis TI merupakan hal yang saat ini harus segera dilakukan. Erni menyampaikan segala bentuk kegiatan DWP Pusat dan Provinsi dilakukan dengan mekanisme Work From Home (WFO) seperti kegiatan sosialisasi virtual AD ART DWP 2019-2024 yang diadakan dalam masa pandemi ini sangatlah tepat.


Sebagai narasumber pertama, Ketua III DWP Pusat, Ninuk Zudan F., memaparkan tentang AD dan ART hasil Munas IV yang menerangkan bahwa banyak perubahan AD dan ART yang disesuaikan dengan dinamika dan kebutuhan organisasi berdasarkan visi dan misi DWP yang diwujudkan dalam program kerja dan kegiatan. Program kerja DWP antara lain, fokus pada peran domestik yaitu dengan memperkuat kapasitas anggota dan ketahanan keluarga ASN; berperan pada sektor publik yaitu dalam bidang ketahanan keluarga secara umum dan pembangunan nasional; mengacu pada rencana strategis dan program kerja 2020-2024 sesuai hasil Munas IV; serta disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan masing-masing daerah/organisasi.

Pemaparan kedua disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi DWP Pusat, Sasanti Sidharta, tentang Renstra DWP 2020-2024 yang menekankan pada kegiatan utama pada bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Sasanti menerangkan bahwa Renstra dijadikan sebagai acuan dan merupakan implementasi atau alat (tools) dalam mendukung visi dan misi organisasi.

Turut mengikuti Sosialisasi AD ART DWP 2019-2024, Penasihat DWP Setkab, Endang Nugrahani Pramono Anung, para Pengurus dan Anggota DWP Pusat, Kemensetneg dan Setkab. (DEW-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
0           0           0           0           0